Cara Bank Mandiri Minta Nasabah Kembalikan Saldo Tambahan saat Layanan Error

Saldo nasabah Bank Mandiri mendadak bertambah, bisakah Bank Mandiri meminta nasabah mengembalikan dananya?

Cara Bank Mandiri Minta Nasabah Kembalikan Saldo Tambahan saat Layanan Error
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Bank Mandiri Cabang di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di jalan Teuku Umar nomor 23, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang terlihat sepi. 

TRIBUNBATAM.id - Saldo nasabah Bank Mandiri mendadak bertambah, bisakah Bank Mandiri meminta nasabah mengembalikan dananya?

Akibat layanan error, saldo nasabah Bank Mandiri ada yang mendadak melonjak, namun ada juga yang berkurang menjadi 0 rupiah pada Sabtu (20/7/2019).

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) Rohan Hafas mengaku perseroan tak akan menempuh jalur hukum dalam menagih saldo tambahan yang diterima nasabah dan terlanjur dipindahkan ke rekening lain.

“Kami tidak akan mengambil jalur hukum, mereka adalah nasabah kami, jadi kami akan ajak bicara dulu,” kata Rohan kepada Kontan.co.id, Minggu (21/7).

Nasabah Mendatangi Kantor Bank Mandiri, Kapolres Karimun Ingin Situasi Kondusif

Bos Bank Mandiri Minta Maaf karena Layanan Sempat Error

Penjelasan Bank Mandiri Soal Perubahan Saldo Nasabah Hari Ini: Bukan Humar Eror, Ini Sistem

Asal tahu, setelah kejadian kegagalan sistem IT perseroan, Sabtu (21/7) yang mengakibatkan tumpang tindihnya data rekening nasabah perseroan, tercatat ada 2.670 rekening yang tiba-tiba bertambah saldonya, dan sempat melakukan penarikan maupun memindahkan uang di saldonya ke rekening lainnya.

 

Terkait hal ini, Rohan bilang perseroan telah memblokir rekening nasabah tersebut.

Mulai besok Senin (22/7) pun Kantor cabang Bank Mandiri dimana akan menghubungi 2.670 nasabah pemilik rekening untuk mengomunikasikan hal terkait.

Sayangnya Rohan enggan merinci apa yang akan dilakukan perseroan, maupun bagaimana cara Bank Mandiri menagih nasabah yang dapat saldo tambahan dan terlanjur memindahkan dananya.

Sebagai catatan, jika mengacu General Conditions for Account Opening (GCAO) alias syarat dan ketentuan pembukaan rekening Bank Mandiri, penarikan tunai maupun memindahkan saldo tambahan tadi ke rekening lain sejatinya terhitung sebagai transaksi yang sah mengikat bank dan nasabah.

"Instruksi yang terekam dan dihasilkan dari sarana elektronik yang digunakan oleh bank merupakan bukti yang sah dan mengikat pemilik rekening dan bank," bunyi pasal 6.2 GCAO Bank Mandiri.

Persib Bandung Menang, Tempatkan 5 Bek, Robert Rene Albert Menolak Disebut Parkir Bus, Ini Alasannya

Klasemen Liga 1 2019 Usai Persib Bandung dan Persipura Jayapura Menang, Persebaya Imbang

Dengan ketentuan tersebut, maka sejatinya transaksi dari saldo tambahan terhitung sah.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved