Apa di Pulau Nipah Batam, Hingga Didatangi Panglima TNI dan Kapolri, Apa Kaitanya Mega dan Luhut

Dalam menentukan garis batas laut wilayah ini, Indonesia menggunakan referensi titik dasar (basepoint) Indonesia di Pulau Nipah

BATAM.ID, TRIBUN -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Sabtu (27/7/2019) siang, terbang dengan helikopter ke Pulau Nipah, sebelah barat Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Lawatan resmi orang nomor satu di TNI dan Polri  ini, hanya berselang dua hari setelah Komandan Pangkalan Laut TNI AL di Batu Ampar, membongkar dugaan tambang pasir ilegal di gugus kepulauan Karimun, dan Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dua pekan sebelumnya, 10 Juli 2019, KPK juga menangkap basah OTT, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, yang beberapa tahun terakhir disebut banyak mengeluarkan izin tambang pasir laut dan reklamasi.

PULAU NIPAH -  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Nipah, Belakang Padang, Kota Batam, Kepri, Sabtu (27/7/2019)
PULAU NIPAH - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Nipah, Belakang Padang, Kota Batam, Kepri, Sabtu (27/7/2019) (dok_tribun_batam)

Saat Megawati Soekarnoputri menjabat Presiden RI (2001-2004), pasir pulau ini ditambang lalu dijual untuk mereklamasi kawasan wisata elite di Singapura, Sentosa. 

Megawati pun gerah. Ketua Umum DPP PDIP ini memerintahkan penegakan hukum di pulau yang hanya berjarak sekitar 27 km atau 15 menit perjalanan laut dari Singapura ini.

 Apa hajat kunjungan mereka? 

Apa kaitan pulau itu dengan Megawati Soekarnoputri dan Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan?

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi Vice President BRC Frans Gunara di lokasi pembangunan Bandara Busung, Selasa (15/1/2019)
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi Vice President BRC Frans Gunara di lokasi pembangunan Bandara Busung, Selasa (15/1/2019) (TRIBUNBATAM.id/AMINNUDIN)

Dari pantauan Tribun, dan keterangan resmi dari Humas Mapolda Kepri di Nongsa, Batam, lawatan dua orang kepercayaan Jokowi itu guna memantau wilayah kedaulatan Indonesia dari Pulau Nipah.

Berikut sekumit tentang pulau itu, dan beberapa kejadian penting di sana dalam 3 dekade terakhir, yang dihimpun Tribun Batam.

Di pulau yang berjarak 26 km barat daya dari Pulau Batam ini, mereka melawat sekitar 60 menit.

Pulau Nipah masuk wilayah pemerintahan, Kota Batam. Secara administratif, Pulau Nipah tercatat sebagai Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, sekitar 27 km, sebelah barat Kota Batam

Pulau Nipah sebelum tahun 2000
Pulau Nipah sebelum tahun 2000 (dok_PU)

PULAU inilah Patok Perbatasan Negara Kedaulatan Republik Indonesia dipasang. Hanya berjarak sekitar 27 km sebelah selatan Singapura. 

Di Pulau Nipah lah, jadi garis pangkal dan garis negara pangkal kepulauan yang dicantumkan dalam UU 4/Prp/1960 tentang Perairan Indonesia dan diperbaharui dengan PP 38/2002 dan PP 37/2008. 

Gemerlap gedung-gedung di Orchad Park, Singapura terlihat jelas di sini. Berada di jalur pelayaran internasional.

Kini, jadi markas bersama aparat perbatasan RI-Singapura. TNI-AL, TNI-AD, wilayah konservasi alam Kementeria PU-PR sejak 2003. 

Halaman
Penulis: Leo Halawa
Editor: thamzilThahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved