Jumlah Warga yang Urus Paspor di Kantor Imigrasi Kelas ll Tanjunguban Meningkat, Begini Alasannya

Hal tersebut diketahui dari data statistik penerbitan paspor Republik Indonesia (RI) tahun 2019 sepanjang bulan Mei dan Juni.

Jumlah Warga yang Urus Paspor di Kantor Imigrasi Kelas ll Tanjunguban Meningkat, Begini Alasannya
TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora
Seorang warga sedang melakukan perekaman foto di kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Senin (29/07/2019). 
TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Kantor Imigrasi Kelas ll Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri mencatat jumlah pengurusan paspor di bulan Mei dan Juni 2019 meningkat dari hari biasanya.
Hal tersebut diketahui dari data statistik penerbitan  paspor Republik Indonesia (RI) tahun 2019 sepanjang bulan Mei dan Juni.
Pada bulan Mei, ada 538 orang yang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Tanjunguban.
Sedangkan pada bulan Juni ada 562 orang yang mengurus paspor.
"Lumayan meningkat jumlah pengurusan paspor di dua bulan terakhir dibanding bulan sebelumnya yang hanya ada 270 orang warga saja," ucap Kasubsi Informasi dan Komunikasih kantor Imigrasi Kelas ll TPI Tanjunguban, Widya Rini kepada TRIBUNBATAM.id, Senin (29/7/2019).
Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi saat meninjau Kawasan KEK Galang Bintan, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (29/7/2019).
Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi saat meninjau Kawasan KEK Galang Bintan, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (29/7/2019). (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)
Widya Rini menambahkan, peningkatan jumlah warga di dua bulan terakhir disebabkan oleh libur panjang lebaran dan sekolah.
Karena itu, banyak masyarakat hendak berlibur ke luar negeri dan melakukan pengurusan paspor pribadi, anak dan keluarganya.
"Kalau bulan Juli ini, jumlahnya belum kita ketahui, karena masih belum kita rekap," ucap Widya Rini.
Widya Rini juga menyebutkan, jumlah warga yang mengurus paspor untuk hari biasa mencapai 25 - 30 orang.
Mereka biasanya mengurus paspor baru baru dan perpanjangan paspor yang sudah ada.
Warga yang mengurus juga bukan dari wilayah kerja kantor imigrasi kelas ll Tanjunguban saja, bahkan ada warga dari Tanjungpinang, Batam dan daerah lainya.
"Kalau di tempat kita ini kan bisa dikatakan tidak seramai di kantor imigrasi lain, misalnya di Kota Batam.
Oleh karena itu, ada warga dari tempat lain juga mengurus di sini," tutur Widya Rini.
Widya Rini juga menambahkan, untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus paspor, Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Tanjunguban juga sudah memberikan inovasi pelayanan melalui online sejak bulan Oktober tahun 2018 lalu sampai saat ini.
Jajaran anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Bintan Utara menagkap seorang pria bernama Hadi Saputra (25) di depan Mini Market Prima Indah, Tanjunguban, Kamis (18/7/2019) pukul 12.00 WIB.
Jajaran anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Bintan Utara menagkap seorang pria bernama Hadi Saputra (25) di depan Mini Market Prima Indah, Tanjunguban, Kamis (18/7/2019) pukul 12.00 WIB. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)
Melalui pelayanan online ini, masyarakat bisa mendwonload aplikasi melalui playstore smartphonenya.
Nanti pemohon bisa mengajukan pengurusan paspor ke imigrasi mana saja yang diinginkan.
Contoh, Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Tanjunguban dipilih oleh pemohon, terus pemohon bisa mengajukan kapan dirinya bisa wawancara dan membawa berkas asli yang diperlukan dalam penerbitan paspor di Kantor Imigrasi tersebut. 
"Jadi intinya dengan adanya pengurusan paspor melalui online ini,  masyarakat lebih mudah dan tidak perlu antre panjang lagi serta praktis," ungkap Widya Rini. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)
 
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved