BATAM TERKINI

Harga Beli Sudah Mahal, Penjual Cabai Batam Galau Tetapkan Harga Jual

H-6 jelang hari Raya Idul Adha 2019, sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional mengalami kenaikan harga.

Harga Beli Sudah Mahal, Penjual Cabai Batam Galau Tetapkan Harga Jual
TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Seorang Pedagang Pasar Tradisional Botania 2, Toko Sahabat Dapur, Mimi menunjukkan harga cabai, Senin (5/8/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - H-6 jelang hari Raya Idul Adha 2019, sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional mengalami kenaikan harga. Salah satunya komoditas cabai.

Cabai merah di Pasar Botania 2 dijual dengan harga Rp 74 ribu hingga Rp 78 ribu. Sedangkan cabai setan dijual dengan harga Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu.

Seorang Pedagang Botania 2 di Pasar Botania 2, Yuli mengaku menjual cabai merah dengan harga Rp 74 ribu per kilogramnya.

Harga ini memang sudah turun dibandingkan dengan harga sebelumnya mencapai Rp 82 ribu per kilogramnya.

"Nah kalau cabai setan Rp 130 ribu perkilo kak," ujar Yuli.

Ia berharap pemerintah bisa menurunkan kembali harga sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga ini. Ia mengaku bingung untuk menjual kembali kepada konsumen.

Petani Cabai di Barelang Sebentar Lagi Panen, Berharap Bisa Tutupi Kebutuhan di Batam

Harga Cabai Merah di Batam Semakin Pedas, Sekilo Dijual Rp 82 Ribu

Harga Cabai Merah di Pasar Maimun Karimun Rp 100 Ribu per Kilogram, Warga Beralih ke Cabai Kering

"Dari distributornya udah mahal. Kadang bingung mau jual ke konsumen berapa lagi. Seringlah dengar konsumen mengeluh, aduh mahal kali ya gak turun-turun kata mereka gitu," katanya.

Pedagang Botania 2 lainnya, Toko Sahabat Dapur, Mimi mengaku menjual cabai merah dan cabai rawit dengan harga Rp 78 ribu perkilogramnya. Ia mengatakan cabai merah ini sudah mengalami kenaikan harga sejak seminggu terakhir. Padahal sebelumnya bisa menjual Rp 75 ribu perkilogramnya.

Sedangkan cabai setan dijual dengan harga Rp 110 ribu perkilogramnya. Diakuinya memang stok cabai setan saat ini sedang menipis.

"Cabai setan memang stoknya sangat terbatas. Karena itu, harganya menjadi naik. Mengingat Cabai ini didatangkan dari Padang dan Lombok," ujar Mimi.

Ditempat yang sama, seorang pembeli, Anisa mengatakan harga cabai ini sudah mahal sejak Hari Raya Idul Fitri lalu. Bahkan dengan terpaksa ia harus mengurangi konsumsi cabai dirumahnya.

"Sekarang udah mulai tanam cabai didepan rumah. Biar sedikit terbantu mbak," kata Anisa kepada Tribun. (tribunbatam.id /Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved