BEASISWA KULIAH

Lolos Program Beasiswa YES 2019, 80 Pelajar Indonesia Siap ke Amerika Serikat

Penerima beasiswa YES 2019 dilepas langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr. 80 pelajar dinyatakan lulus.

Lolos Program Beasiswa YES 2019, 80 Pelajar Indonesia Siap ke Amerika Serikat
KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA
80 pelajar Indonesia yang lolos seleksi YES 2019 dan berangkat ke Amerika Serikat. 

TRIBUNBATAM.id - 80 pelajar Indonesia lulus program beasiswa Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program 2019.

Penerima beasiswa YES 2019 dilepas langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr.

Program beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang didanai langsung oleh Kementerian Luar Negeri AS kepada para lulusan SMA sederajat tersebut

Mau Kuliah di China? Ayo Daftar Program Beasiswa Kuliah di Universitas Tsinghua

Segera Daftar, Program Beasiswa Lister Indonesia Untuk Mahasiswa dan Youtuber

Mau Kuliah di Amerika? Stanford University Buka Pendaftaran Beasiswa Penuh S2

Para pelajar akan tinggal di rumah keluarga asli AS yang telah ditentukan selama 10 bulan dan juga akan bersekolah di tingkat SMA seperti biasa layaknya pelajar AS pada umumnya.

Peserta yang berpartisipasi dalam program YES ini merupakan bagian dan contoh nyata dari hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan AS selama 70 tahun, serta terus memperkokoh kemitraan kedua negara tersebut.

“Berbagai hal yang akan mereka pelajari dan pengalaman yang didapat selama di AS akan menjadikan hubungan Indo-AS semakin erat,” ujar Dubes Joseph Donovan dalam acara pembekalan dan pelepasan peserta pertukaran pelajar Indonesia-AS YES Program di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Dia mengatakan, banyak pemimpin di Indonesia sekarang ini yang dulunya juga peserta pertukaran pelajar seperti ini dan mereka mengaku mengikuti program semacam ini adalah langkah sangat penting dalam perkembangan hidup mereka.

Menurut dia, dengan membangun hubungan antar-masyarakat seperti ini, kita tidak hanya mempersiapkan masa depan generasi muda Indonesia pada abad ke-21, tetapi juga memperkuat pemahaman kedua negara untuk bisa saling mengerti satu sama lain.

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr dalam acara pembekalan dan pelepasan peserta pertukaran pelajar Indonesia-AS YES Program di Jakarta, Senin (5/8/2019)
Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr dalam acara pembekalan dan pelepasan peserta pertukaran pelajar Indonesia-AS YES Program di Jakarta, Senin (5/8/2019) (KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA)

Donovan pun merasa yakin para pelajar bisa menjadi perwakilan Indonesia yang baik.

Mereka tidak hanya belajar segala sesuatu tentang AS, tetapi juga membantu warga AS mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia.

“Saya tahu ini program yang kompetitif. Ini akan jadi pengalaman bagus, mereka akan belajar banyak tentang AS, keluarganya di sana, dan yang penting juga belajar tentang diri sendiri. Kalian akan membantu orang AS yang ingin belajar tentang Indonesia. Bantulah mereka juga. Kalian harus bangga,” imbuhnya.

Dia pun menyarankan kepada siswa-siswi itu agar secara aktif melakukan kegiatan dan mencari tahu berbagai hal tentang AS.

Hal itu bisa diperoleh dari menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya dengan siapa saja dan mengenal lebih dekat keluarga yang tinggal bersama mereka.

“Jangan hanya duduk diam. Carilah teman, kenali lebih dalam keluargamu, cari tahu lebih banyak tentang AS. Itu akan jadi hal penting untuk dilakukan. Waktu kalian kembali nanti akan sangat bangga dengan apa yang sudah kalian lakukan,” pungkas Donovan.

Bukan Taecyeon 2PM, Ternyata Ini Sosok Mak Comblang Kang Daniel dan Jihyo TWICE

Dihadapan Panglima TNI, Bule Yatim Ini Tekad Jadi Anggota Kopassus, 1 Menit Bisa Push Up 50 Kali

Menolak Mundur, Carrie Lam Nyatakan Aksi Unjuk Rasa Telah Hancurkan Hongkong

Sinopsis Serial Ishq Mein Marjawan Hari Ini Selasa (6/8), Deep Ingat Masa Lalu dengan Aarohi

2 Hari Listrik Mati, Jakarta Dilanda 40 Kebakaran Hebat, Luka Bakar dan 5 Orang Tewas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ikuti Program Beasiswa YES, 80 Pelajar Indonesia Berangkat ke AS".

Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved