Video-Jasa Raharja Berperan Dalam Perizinan TaksiOnline, Berikan Perlindungan Sosial Pada Masyarakat

Dalam proses penerbitan izin operasional Angkutan Sewa Khusus (ASK) di Batam, Jasa Raharja juga dilibatkan di dalamnya. Kepala Unit Operasional dan H

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Dalam proses penerbitan izin operasional Angkutan Sewa Khusus (ASK) di Batam, Jasa Raharja juga dilibatkan di dalamnya.

Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Kepri, Masna Firles mengatakan, surat kerjasama badan usaha angkutan sewa khusus dengan Jasa Raharja memang menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi, untuk bisa mendapatkan izin operasional.

Dengan begitu, penumpang angkutan sewa khusus yang sudah memiliki izin resmi, juga bisa mendapat jaminan perlindungan dasar, jika terjadi kecelakaan di jalan. Termasuk santunan.

Masna mengatakan, tugas pokok Jasa Raharja yakni memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial.

 BP Batam Tunjuk Perumahan Hang Tuah Jadi Proyek Percontohan Sambungan Rumah IPAL

 BP Batam Tunjuk Perumahan Hang Tuah Jadi Proyek Percontohan Sambungan Rumah IPAL

 Hotman Paris Pusing Asisten Pribadinya Undur Diri, Buka Loker dengan Syarat Ini

 Batam Masih Jadi Kota Favorit Penyelundupan Narkoba, Kurir Narkoba Asal Batam Ditangkap di Palembang

Yaitu Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang 33/1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang serta Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang 34/1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

"Untuk angkutan khusus kita akan menggunakan sistem borongan. Kerjasamanya dengan badan usaha dalam izin prinsip," kata Masna, Kamis (1/8).

Dalam hal ini, setiap badan usaha angkutan sewa khusus diwajibkan membayar iuran ke Jasa Raharja.

Untuk lebih memudahkan, pemilik kendaraan nantinya akan menitipkan setoran iuran wajibnya ke badan usaha.

 HP ANDROID TERBARU 2019 - Spesifikasi Oppo K3 yang bakal Dirilis di Indonesia 8 Agustus 2019

 Bupati Bintan Apri Sujadi Ingatkan Emak-emak Buat Hal Ini Agar Dapat Bantuan KUEP dari Kementerian

 Logitech Pebble 350 Resmi Rilis Mouse Tanpa Bunyi Klik, Segini Harganya

 Ingin Membeli Mobil? Cek Daftar Pilihan Mobil Seken di Bawah Rp 150 Jutaan

"Besaran santunannya sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.16/2017 tentang besar dan santunan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan," ujarnya.

Adapun santunan yang akan diberikan berdasarkan aturan itu, jika terjadi kecelakaan selama menggunakan angkutan dan berakibat penumpang meninggal dunia, pihaknya akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta.

Kemudian jika luka-luka akan ada penggantian biaya perawatan maksimal Rp 20 juta dan apabila korban mengalami catat tetap, santunan catat tetap maksimal Rp 50 juta, berdasarkan tingkat kecacatannya.

Masna melanjutkan, saat ini dari 13 badan usaha angkutan sewa khusus itu, baru 10 diantaranya yang sudah menandatangani MoU dengan Jasa Rajaharja. Tiga lainnya belum.

"Tapi nanti yang lama, juga akan kita lakukan perubahan," kata Masna. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Wahyuindrian
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved