EAIS, Mahakarya ATB Untuk Sistem Operasional Kekinian

ATB menerapkan teknologi industri 4.0 dengan memanfaatkan otomasi dalam setiap sistem yang dibangun untuk pengelolaan operasional maupun pelayanan.

EAIS, Mahakarya ATB Untuk Sistem Operasional Kekinian
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
ATB SCADA 4.0 Integrated Operation System merupakan sistem kekinian pertama untuk manajemen pengelolaan air terintegrasi di Indonesia. 

TRIBUNBATAM.id - PT Adhya Tirta Batam (ATB) telah menjadi benchmark perusahaan air minum dengan pengelolaan yang “Terbaik, Efisien dan Profesional”.

Sepanjang 24 tahun beroperasi, ATB selalu dikunjungi sebagai rujukan untuk studi banding PDAM, DPRD dan pemerintah daerah dari kota lain bahkan mancanegara seperti China, Afrika Selatan, Korea, Malaysia dan Timor Leste. 

Smart Water Management System merupakan sistem pengelolaan air yang cerdas berbasis inovasi teknologi.

Sistem ini telah mulai diaplikasikan sejak tahun 2012 dan terus berkembang menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan layanan. 

ATB telah menerapkan teknologi industri 4.0 dengan memanfaatkan otomasi dalam setiap sistem yang dibangun untuk pengelolaan operasional maupun dalam pelayanan pelanggan. 

Enterprise ATB Integrated System (EAIS) merupakan teknologi integrasi yang dibangun ATB dengan menggabungkan serta menghubungkan beberapa sistem yaitu Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), ATB Integrated System (AIRS) dan Enterprise Resource Planning (ERP) dalam satu kesatuan sistem yang terintegrasi. EAIS dibangun dan dikembangkan oleh sumber daya internal ATB. Sistem ini terbagi dalam dua cakupan sistem, yaitu Operation System dan Management System. 

Direksi dan Manajemen ATB Serahkan Hewan Kurban di Tiga Lokasi Kampung Tua

Inovasi Teknologi, ATB Lebih Efisien Kelola Kebocoran

Mulai 2020, ATB Mulai Ekspansi ke Luar Batam, di Mana Saja?

Melalui aplikasi SCADA, GIS dan Mobile Application, ATB memegang kendali mutu terhadap proses produksi air bersih sekaligus pendistribusiannya kepada pelanggan. Teknologi SCADA memungkinkan petugas ATB melakukan kendali dan pengawasan jarak jauh terhadap proses produksi serta distribusi yang berlangsung di setiap Instalasi Pengolahan Air (IPA). Melalui perangkat SCADA, ATB dapat mendeteksi kekuatan aliran dan tekanan air, debit air, kapasitas dan kualitas air yang diproduksi dari satu tempat. 

SCADA 4.0 Integrated Operation System telah mulai dijalankan sejak Januari 2017, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional. Sistem SCADA yang terintegrasi merupakan sistem kekinian pertama untuk manajemen pengelolaan air dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Disamping itu, ATB juga telah menjalankan AIRS (ATB Integrated Information System) yang merupakan ERP pada pengelolaan air. 

Integrasi GIS dengan SCADA memungkinkan sistem operasional menjadi lebih baik. GIS membantu menyajikan pemetaan jaringan, lokasi logger, lokasi aset dan lokasi produksi sehingga memudahkan dalam memonitor proses analisa dalam SCADA. 

GIS yang dibangun oleh ATB telah mengalami perkembangan fungsi dan keunggulan untuk mendukung produktifitas dan efisiensi terutama dalam penurunan jumlah kebocoran Non Revenue Water (NRW). 

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved