BATAM TERKINI

Urus Paspor di Batam Lebih Mudah Pakai Aplikasi Apapo, Apa Kelebihannya?

Ingin buat paspor? Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam memperkenalkan aplikasi layanan paspor online atau dikenal Apapo kepada masyarakat Batam.

Urus Paspor di Batam Lebih Mudah Pakai Aplikasi Apapo, Apa Kelebihannya?
TRIBUNBATAM.ID/DEWI HARYATI
Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Irwanto Suhaili 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ingin buat paspor? Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam memperkenalkan aplikasi layanan paspor online atau dikenal Apapo kepada masyarakat Batam.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto melalui Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Irwanto Suhaili mengatakan, aplikasi ini sebenarnya sudah hadir sekitar Januari lalu.

Aplikasi itu diperkenalkan Direktorat Jenderal Keimigrasian.

Dengan aplikasi yang bisa diunduh lewat playstore di android ini, masyarakat lebih dimudahkan dalam pengurusan paspor. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan masyarakat.

"Lewat Apapo ini lebih enak. Bisa pilih tanggal, dan waktunya mau kapan," kata Irwanto kepada Tribun di ruang kerjanya, Jumat (16/8) di Batam Center, Jl Engku Putri, Batam, Kepri.

Pendaftaran pengurusan paspor lewat sistem ini, juga dimaksudkan untuk menghindari jual beli antrean pengurusan paspor. Cara pendaftarannyapun terbilang mudah. Pemohon tinggal mengunduh aplikasi Apapo di playstore android, dan mengisi form pendaftaran.

Urus Paspor di Kantor Imigrasi Sekarang Bisa Pakai Sistem Online, Begini Caranya

538 Warga Urus Paspor di Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Tanjunguban. Pemohon Banyak Dari Luar Bintan

Jumlah Warga yang Urus Paspor di Kantor Imigrasi Kelas ll Tanjunguban Meningkat, Begini Alasannya

"Untuk nomor induk kependudukannya, diisi dengan yang satu KK (kartu keluarga). Jadi tidak bisa mendaftar untuk yang tidak ada di KK, ditolak sistem," ujarnya.

Setelah form pendaftaran diisi, klik daftar.

Nanti ada pemberitahuan selanjutnya.

Di aplikasi ini, pendaftaran pengurusan paspor dibuka setiap Jumat mulai pukul 14.00 WIB, hingga Minggu, pukul 16.00 WIB.

Itu untuk pelayanan Senin-Jumat.

Dari segi kuota juga lebih banyak. Lewat aplikasi ini, Kantor Imigrasi bisa melayani 100-150 orang per harinya. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved