Gedung DPRD di Manokwari Dibakar Wakil Gubernur Papua Tak Bisa ke Kantor

Aksi protes warga atas dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di sejumlah daerah di Jawa Timur, Surabaya, Malang dan Semarang,

Gedung DPRD di Manokwari Dibakar Wakil Gubernur Papua Tak Bisa ke Kantor
dok_C_papua
Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat di sebuah acara adat, 

MANOKWARI, TRIBUN – Ketegangan berbau rasisme di sejumlah kota di Jawa Timur, menjelang peringatan HUT ke-74 RI, akhir pecan lalu, berujuk rusuh di Ibu Kota Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019) pagi.

Sekelompok massa berbasis pemuda membakar gedung DPRD Provinsi Papua Barat di Kota Manokwari.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani kepada Kompas TV menyebutkan, massa menutup hampir semua ruas jalan di Manokwari.

Gedung DPRD Papua Barat Dibakar Massa, Dipicu Aksi Protes Dugaan Persekusi Mahasiswa di Jawa Timur

Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap tindakan rasisme yang terjadi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya
Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap tindakan rasisme yang terjadi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya (KONTRIBUTOR KOMPAS TV/BUDY SETIAWAN)

Bahkan ia tidak bisa mendekati dan datang ke gedung DPRD Papua Barat yang jaraknya cukup dekat dengan kantornya.

Hal itu karena massa masih beringas. Lakotani mengatakan, pimpinan daerah saat ini sedang berusaha untuk bernegosiasi dengan pemimpin aksi. 

Dia sudah berkoordinasi dengan kapolda dan panglima TNI untuk bertemu dengan pemimpin aksi massa agar situasi bisa tenang. "Kami sedang mencari jalan untuk bertemu dengan pimpinan aksi," kata Lakotani.

Dalam tayangan Kompas TV terlihat api bercampur kepulan asap menyelimuti gedung wakil rakyat di Papua Barat.

Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan, melaporkan, akibat pembakaran gedung DPRD Papua Barat aparat keamanan menutup sejumlah ruas jalan di pusat kota jasa dan perdagangan terbesar kedua di Barat Papua ini.
Jalan Yos Sudarso, lokasi pusat rusuh dijaga ketat aparat Polri dan dibackup TNI.

Terbakar Hidup-Hidup Bripda F.A Simbolon Panjatkan Doa Bapa Kami dan Salam Maria: Kami Sudah Maafkan

Ruas jalan lain yang diblokade, antara lain, Jalan Trikora Wosi dan jalan Manunggal Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Dilaporkan rusuh berawal dari aksi protes warga atas dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di sejumlah daerah di Jawa Timur, Surabaya, Malang dan Semarang, Jawa tengah.

Halaman
12
Penulis: Aminnudin
Editor: thamzilThahir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved