Apa Kelebihan Masjid Sultan Mahmud Riayat Batam Hingga Diresmikan JK dan Ustaz Abdul Somad Ceramah

Wapres Jusuf Kalla dan Ustadz Abdul Somad akan hadiri peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji, Batam. Masjid terbesar di Sumatera

Apa Kelebihan Masjid Sultan Mahmud Riayat Batam Hingga Diresmikan JK dan Ustaz Abdul Somad Ceramah
Surya
Ustadz Abdul Somad rencananya hadiri peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam 
TRIBUNBATAM.id - Wapres Jusuf Kalla dan Ustadz Abdul Somad rencananya akan hadiri peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji, Batam.
Peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah rencananya berlangsung pada 20 September 2019.
Selain Ustadz Abdul Somad, peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah juga dihadiri oleh Habib Syech Abdul Qodir Assegaf  serta Datok Kazim Ilyas dari Malaysia.
Ustadz Abdul Somad kini sedang melanjutkan studi S3 di Sudan.
Peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dipromosikan hingga ke negeri jiran Malaysia.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan promosi dilakukan melalui kegiatan Table Top Meeting yang digelar Association of the Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA).
 
Agenda penjualan paket wisata ke Batam ini dihadiri sekitar 30 agen perjalanan wisata Malaysia. Table top meeting ini digelar di Savanna Hill Resort, Ulu Tiram, Johor Bahru, Rabu (14/8).

“Kita titipkan peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini ke travel agent peserta table top. Jadi biar business to business langsung,” tutur Ardiwinata di Batam Centre, Jumat (16/8).

Penantian 10 Tahun Pazi Berakhir, Pakibraka Asal Karimun Akhirnya Bertemu Ibunda Tercinta


Ia berharap melalui promosi di table top ASITA ini, bisa menambah tamu sekitar 200 wisatawan mancanegara lagi.
Sebelumnya 1.000 wisman yang juga berasal dari Malaysia sudah dijadwalkan hadir pada peresmian masjid di Tanjunguncang ini.

Selain wisman juga akan datang tamu orang-orang penting di nusantara.
Sebagai masjid yang digadang-gadang menjadi terbesar se-Sumatra, peresmian juga rencananya dihadiri kepala daerah dari berbagai wilayah di pulau sebelah barat Indonesia ini.

“Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia juga kita undang. Karena masjid ini ke depannya juga disiapkan untuk menjadi objek wisata religi di Batam,” kata mantan Kabag Humas Setdako Batam tersebut.

Tak hanya itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga dijadwalkan hadir untuk meresmikan masjid yang bisa menampung puluhan ribu jemaah ini. Kehadiran RI 2 tersebut dalam kapasitasnya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia.

“Masjid kebanggan masyarakat Batam ini rencananya akan diresmikan pada 20 September mendatang. Pemerintah Kota Batam juga sudah mengundang tiga ustaz ternama, dari dalam negeri juga negara tetangga,” ujarnya.

Ustaz yang akan mengisi acara peresmian masjid ini adalah Ustaz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf dari Indonesia. Dan ustaz terkenal dari negeri jiran, Datok Kazim Ilyas.
Terbesar di Sumatera
Pengerjaan proyek pembangunan Masjid Agung II Kota Batam, Provinsi Kepri, yang diberi nama Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah itu, terus dikejar belakang ini.
 Percepatan pembangun ini dilakukan untuk mewujudkan rencana Pemerintah Kota Batam meresmikan masjid tersebut pada 20 September 2019 yang akan datang.
 Saat ini pihak kontraktor sedang melakukan pelebaran jalan di sekitar lokasi masjid.
 Masjid yang berdiri di atas  lahan seluas 4,2 hektare ini akan menjadi masjid terbesar di wilayah Sumatera.
Proyek pembangan Masjid Agung II Kota Batam yang dikerjakan oleh PT. Adhi Karya.
Masjid terbesar di wilayah Sumatera ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang komplet mulai dari Islamic Centre, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Mess Santri, Media Tablig.
Penampakan pengerjaan payung membran di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. Foto saat Januari lalu.
Penampakan pengerjaan payung membran di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. Foto saat Januari lalu. (ist)
Sebagai fasilitas penunjang di areal masjid terdapat ruang basement yang dilengkapi ruang parkir, tempat wudhu, pujasera, kios, ruang engineer, dan ruang difable.
 Lantai dasar juga dilengkapi  ruang salat, koridor, ballroom, ruang VVIP, ruang pengurus, ruang imam, dan perpustakaan.
 Pada ruang lantai 1 terdapat ruang salat, koridor, ruang kelas, ruang rapat, ruang tamu.
 Bahkan bangunan masjid menawarkan pemandangan yang sangat menyejukkan mata siapapun saat melintas dari Jalan Brigjend Katamso Batuaji.
 Muhamad Sudirman, warga Batuaji mengatakan dirinya serasa bermimpi jika melihat dari jauh bangunan Masjid Agung II Kota Batam.
 "Tidak pernah terpikirkan, tidak pernah menyangka, 15 tahun lalu daerah ini hutan belantara. Yang ada hanya pohon karet," kata Sudirman.
 Dia juga mengatakan sebelumnya lokasi di mana Masjid Agung II dibangun adalah rumah liar (Ruli) dan lembah.
"Sekarang sungguh luar biasa, Batuaji yang katanya pinggiran Kota Batam, sudah menjadi pusat ke dua Kota Batam," kata Sudirman.
Dia juga berharap adanya Masjid Agung II di wilayah Batuaji bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.
"Ya kembali ke ekonomilah." kata Sudirman. (TRIBUNBATAM.id/Ian Sitanggang)
Penulis: Ian Pertanian
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved