Begini Lho Cara Mudah Agar Facebook Tak Bisa Melacak Lokasi Pengguna

Facebook merupakan salah satu media sosial yang "menyedot" data pengguna, seperti seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dll.

Begini Lho Cara Mudah Agar Facebook Tak Bisa Melacak Lokasi Pengguna
vocfm.co.za
Layanan Facebook 

TRIBUNBATAM.id - Facebook merupakan salah satu media sosial yang "menyedot" data pengguna, seperti seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dll.

Data tersebut dikumpulkan untuk kepentingan pengiklan. Para pengiklan bisa menyasar audiens yang sesuai target dengan sangat mudah.

Lantas bagaimana caranya agar Facebook berhenti "mengikuti" kita untuk mendapat data lokasi di mana kita berada?

Bagi pengguna iOS, Anda dapat mematikan langsung fungsi pelacak lokasi ini pada aplikasi Facebook milik Anda.

Caranya pertama-tama buka aplikasi Facebook yang terinstal dalam perangkat iOS Anda. Kemudian masuk ke menu "setting and privacy" dan pilih "setting".

Kini Bayar Premi Asuransi Online Prudential Bisa via Tokopedia

Liburan Akhir Tahun Sebentar lagi Tiba, Ini Kiat Praktis Mengumpulkan Dana

Rudal Balistik Terbaru China Bisa Lumpuhkan Pangkalan AS di Wilayah Pasifik dalam Hitungan Jam

Oppo Bakal Luncurkan Hape Terbaru Reno 2, Reno 2Z dan Reno 2F, Simak Bocoran Harga & Spesifikasinya

 

Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan pilihan "Privacy". Pada pilihan itu, kemudian sentuh opsi "location option" dan Anda akan mendapati tiga pilihan.

Anda bisa memilih "Only While Using the App" untuk mengizinkan aplikasi melacak lokasi Anda hanya saat aplikasi tersebut digunakan.

Kemudian untuk mematikan sepenuhnya, Anda bisa memilih "Dont Allow". Selain itu, Anda juga bisa mematikan pilihan "location history" agar aplikasi tidak menyimpan data mengenai tempat-tempat yang pernah Anda datangi sebelumnya.

Pengguna Android Android Untuk pengguna Android, Anda juga bisa mematikan fitur lokasi ini melalui aplikasi Facebook secara langsung.

Sama seperti iOS, pilih menu "Settings and privacy" dan kemudian pilih opsi "settings". Kemudian gulirkan ke bawah dan pada menu "privacy", pilih opsi "location".

Pada bagian ini cari pilihan "location services" untuk menyalakan atau mematikan fungsi pelacak lokasi tersebut.

Pada menu tersebut ada pula pilihan "background location" di mana jika menu ini aktif, maka Facebook akan tetap dapat melacak lokasi pengguna meski saat aplikasi dalam keadaan tak digunakan. Selamat mencoba!

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved