UPB Latih UKM Bank Sampah Mandiri Batam untuk Laporan keuangan dan Pemasaran Berbasis E-Commerce

Pembinaan penyusunan laporan keuangan dan pemberdayaan pemasaran berbasis e-commerce yang diikuti oleh delapan orang peserta

UPB Latih UKM Bank Sampah Mandiri Batam untuk  Laporan keuangan dan Pemasaran Berbasis E-Commerce
ist
Foto Bersama Tukino,S.Kom.,M.SI, Ibu Dian Efriyenti,S.E.,M.Ak dan Mahasiswa Erisya Br Bangun dengan Ibu-Ibu UKM Bank Sampah Mandiri pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 

TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen Akuntansi dan Sistem Informasi Universitas Putera Batam (UPB) Dian Efriyenti, S.E.,M.Ak dan Tukino, S.Kom., M.SI. beserta satu orang mahasiswanya di Usaha Kecil Menengah (UKM) Bank Sampah Mandiri Kota Batam.

Pembinaan penyusunan laporan keuangan dan pemberdayaan pemasaran berbasis e-commerce yang diikuti oleh delapan orang peserta dari kelompok UKM Bank Sampah Mandiri Batam yang berlokasi di Batu Aji Permai Kavling Lama Blok E No. 1 RT. 03, RW. 04, Kelurahan Sei Lekop Kecamatan Sagulung Kota Batam.

Pelaksanaan pengabdian dimulai pada hari Selasa  11 dan 15 Juli 2019 pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Dalam sambutannya Dian Efriyenti berpesan bahwa minimnya pengetahuan dan pemahaman UKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK-ETAP) untuk menghasilkan informasi keuangan dengan teknologi yang ada.

Untuk mengatasi masalah pelaporan keuangan UKM adalah melalui bentuk pembinaan tentang pengelolaan catatan keuangan dari transaksi keuangan sampai dengan laporan keuangan.

Serta teknologi informasi yang digunakan UKM Bank Sampah Mandiri masih berdasarkan catatan buku besar dengan menggunakan manual, walaupun perkembangan teknologi informasi sudah maju namun belum digunakan oleh UKM Bank Sampah Mandiri dengan permasalahan kurangnya pengetahuan dibidang komputer dan memakan waktu dan biaya pembelian peralatan.

Untuk itu perlunya menumbuhkan kemampuan dalam bentuk pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan sehingga diperoleh informasi akuntansi yang dijadikan sebagai sumber informasi keuangan bagi stakeholder untuk mewujudkan kemitraan antara UKM dengan pelaku usaha besar dan entitas bisnis yang lebih luas. Informasi akuntansi berperan dalam keberhasilan pengelolaan usaha karena informasi yang dihasilkan dapat mengungkapkan kinerja keuangan suatu usaha.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh Dian Efriyenti,dengan pemilik UKM Bank Sampah Mandiri  Yarnis bahwa UKM Bank Sampah Mandiri ini memiliki permasalahan untuk melakukan pemasaran hasil produksi dan pencatatan keuangan.

Secara umum UKM memiliki keterbatasan didalam penguasaan penggunaan fasilitas teknologi informasi ditambah lagi media pemasaran yang kurang dikenal oleh masyarakat publik. Salah satu bentuk pemasaran yang sering digunakan hanya dilakukan penawaran melalui hubungan kerabat anggota UKM dan melalui pameran yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM.

Sementara tuntunan kebutuhan atas penggunaan dan penguasaan teknologi tersebut sudah terasa semakin mendesak mengingat tingkat persaingan di pasar global.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved