7 Usaha Ini Cocok saat Pensiun, Mulai dari Binis Online Hingga Laundry

Pastikan buat memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat, sehingga bisnis ini akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

7 Usaha Ini Cocok saat Pensiun, Mulai dari Binis Online Hingga Laundry
kompas
ilustrasi orang tua dan teknologi 

TRIBUNBATAM.id - Masa pensiun identik dengan kegiatan yang lebih santai dan juga banyak waktu, mengingat berbagai rutinitas harian di kantor sudah tidak lagi perlu dilakukan. Dan tak dimungkiri, masa pensiun jadi momok bagi sebagian pekerja.

Tak lain dan tak bukan hal itu karena kekhawatiran kondisi keuangan yang tak memadai untuk bisa menikmati masa pensiun yang menyenangkan. Meski sudah pensiun, berbagai kebutuhan tentu masih harus dipenuhi dengan baik.

Saat sudah tidak memiliki gaji tetap setiap bulannya, menjalankan bisnis setelah pensiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu yang rumit dan dalam skala besar, menjalankan bisnis kecil dan mudah dilakukan juga bisa jadi pertimbangan.

Saat ini, ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah, bahkan untuk seorang pensiunan sekalipun. Pastikan buat memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat, sehingga bisnis ini akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Jadi, jangan abai dan pikirkan masa pensiun Anda dari sekarang. Biar ada gambaran yang jelas, ini tujuh pilihan usaha yang cocok dilakukan saat pensiun tiba seperti dikutip dari Cermati.com.

Kini Buat atau Perpanjang SIM di Polda Metro Jaya Bisa Bayar Pakai Go-Pay

Farhat Abbas Tantang Debat, Hotman Paris Malah Pamer The Hotman Bar

Ibu Kota Pindah, Presiden Jokowi: Jakarta Tetap Jadi Prioritas Pembangunan

Berikan Kemudahan, Kini Bayar Paspor Bisa Lewat Bukalapak dan Tokopedia

1. Membuka Bisnis Online

Bisnis online jadi salah satu jenis usaha yang paling simpel dan cocok untuk dijalankan siapa saja, termasuk para pensiunan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan menjual berbagai barang yang diproduksi sendiri atau bahkan sekadar menjadi reseller atau perantara.

Bisnis yang satu ini bahkan bisa dijalankan dengan modal yang terbatas atau hanya mengandalkan modal layanan internet saja. Meski terlihat sederhana, penghasilan dari bisnis online ini juga cukup menjanjikan.

2. Menekuni Bisnis Agro

Jika pensiun di daerah atau bahkan pindah ke daerah setelah masa pensiun tiba, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Agrobisnis bisa dimulai dengan membeli atau menyewa sebidang tanah menggunakan dana pensiun yang didapatkan.

Selanjutnya, tanah ini bisa diolah menjadi lahan pertanian atau bahkan perkebunan dan ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang menghasilkan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan pilihan, seperti: sayuran, buah, berbagai macam bunga, atau tanaman herbal dan obat-obatan.

3. Memulai Bisnis Laundry

Jika tinggal di kawasan yang padat penduduknya seperti perumahan, bisnis laundry ini akan menjadi pilihan tepat. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil sekalipun, yakni dengan membeli beberapa unit mesin cuci dan juga setrika.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved