Pemanfaatan Media Sosial dan Akibat Hukum Penyebaran Informasi Elektronik Pada Media Sosial

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah tersebar luas, sebagian besar aspek kehidupan tidak bisa dipisahkan dengan teknologi informasi

Pemanfaatan Media Sosial dan Akibat Hukum Penyebaran Informasi Elektronik Pada Media Sosial
TRIBUNBATAM.id/IST
Dosen Teknik Informatika Ibu Sestri Novia Rizki, S.Kom., M.Kom bersama dengan Dosen Ilmu Hukum Ibu Lenny Husna, S.H.,M.H, dan beberapa orang mahasiswa dari Program Studi Ilmu Hukum Rudiono, mengadakan Pembinaan Mengenai Pemanfaatan Media Sosial Dan Akibat Hukum Penyebaran Informasi Elektronik Pada Media Sosial Dalam Perspektif Hukum Pidana. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga pendidikan memiliki kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian Perguruan Tinggi juga harus melaksanan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk mengaplikasikan dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dari ilmu pengetahuan yang dikembangkan di kampus.

Dosen Teknik Informatika Ibu Sestri Novia Rizki, S.Kom., M.Kom bersama dengan Dosen Ilmu Hukum Ibu Lenny Husna, S.H.,M.H, serta juga melibatkan beberapa orang mahasiswa dari Program Studi Ilmu Hukum Rudiono, mengadakan Pembinaan Mengenai Pemanfaatan Media Sosial Dan Akibat Hukum Penyebaran Informasi Elektronik Pada Media Sosial Dalam Perspektif Hukum Pidana.

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah tersebar luas, sebagian besar aspek kehidupan tidak bisa dipisahkan dengan teknologi informasi.

Penangkapan Kepala UPT Dishub Karimun. Ada Ekstasi Logo Barcelona dan Paket Kecil Serbuk Narkotika

Selain Sabu, Polisi Temukan Pil Ekstasi Milik Kepala UPT Dishub Kundur Utara

Pembentukan Badan Promosi Pariwisata Batam, Walikota : Perlu Promosi ke Internasional

Perkembangan teknologi juga didukungan perkembangan komunikasi salah satu bentuknya adalah media sosial yang sudah dimanfaatkan oleh semua kalangan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Media sosial dimanfaatkan untuk menunjang segala aktivitas kegiatan, misalnya dalam hal sebagai sarana komunikasi, publikasi, promosi dalam kegiatan usaha dan sebagai sumber pengetahuan.

Dalam aktifitas di media sosial tersebut masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi, memberikan informasi, dan bahkan menyebarkan luaskan informasi yang didapat, hal ini lah yang kemudian menjadi sisi negatif dalam pemanfaatan media sosial dimana penyebaran informasi yang tidak benar/hoax dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan menimbulkan konflik ditengah-tengah masyarakat.

Untuk menjawab permasalahan tersebut pemerintah telah menetapkan suatu regulasi sebagai payung hukum bagi masyarakat dalam memanfaatkan media sosial yaitu dengan disahkannya Undang-Undang No 11 Tahun 2008 sebagaimana telah mengalami perubahan dengan Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Undang-Undang ini dapat menjadi batasan-batasan bagi masyarakat dalam kegiatan di media sosial agar terhindar dari tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Tujuan utama pengabdian ini adalah memberikan pembinaan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan media sosial untuk menunjang segala aktivitas kegiatan serta sosialisasi mengenai aturan hukum dalam pemanfaatan media sosial agar masyarakat dalam aktiftasnya menggunakan media sosial tidak tersandung kasus hukum.

Pengabdian ini dilaksanakan pada ibu-ibu muda di Perumahan Tembesi Post.

Pengabdian dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019 dan sabtu tanggal 02 Agustus 2019. Pelaksanaan kegiatan masyarakat dilaksanakan pada masyarakat Perumahan Tembesi Post adalah sebagai berikut :

a. Pelaksanaan Perkenalan

Halaman
123
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved