Demo Hong Kong Pindah ke Dalam Mal, Hari Nasional Bakal Suram. Tak Ada Pesta Kembang Api

Ini sangat rawan, bagaimana jika pengunjuk rasa melakukan aksi dalam acara rakyat itu? Kita tidak bisa membiarkan perusuh mengambil kesempatan

South China Morning Post
Pesta kembang api memperingati Hari Nasional atau National Day RRC di Hong Kong tahun lalu. Tahun ini kemungkinan ditiadakan. 

TRIBUNBATAM.ID, HONG KONG - Aksi demo menentang pemerintahan Hong Kong yang tak kunjung mereda berdampak pada peringatan Hari Nasional atau National Day untuk peringatan 70 Tahun Republik Rakyat China, 1 Oktober nanti.

Bila tahun-tahun sebelumnya Hong Kong ikut merayakan National Day itu dengan berbagai kegiatan dan pesta kembang api, kini acara yang ditunggu-tunggu masyarakat itu ditiadakan.

Para pejabat Hong Kong berencana membatalkan kembang api Hari Nasional karena krisis politik di negara semitotonom China yang sudah memasuki bulan keempat.

Pembatalan adalah suatu pilihan meskipun tahun ini adalah peringatan ke-70 Republik Rakyat China, kata sumber pemerintahan seperti dilansir TribunBatam.id dari South China Morning Post, Kamis (12/9/2019).

Rumor 3 Demonstran Hong Kong Tewas Terus Meluas. Otoritas Keretaapi Akhirnya Rilis CCTV Stasiun

Carrie Lam Akhirnya Tarik RUU Ekstradisi yang Membuat Hong Kong Rusuh Selama 3 Bulan

China sendiri akan memperingati Hari Nasional ini dengan berbagai kemeriahan di seluruh Tiongkok.

Menurut sumber pejabat tersebut, Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngor dan para menteri utamanya sedang membahas hal itu.

Demo Hong Kong pindah ke mal (SCMP)

“Ada kecenderungan [untuk membatalkannya]. Ini sangat rawan, bagaimana jika pengunjuk rasa melakukan aksi dalam acara rakyat itu? Kita tidak bisa membiarkan perusuh mengambil kesempatan untuk membuat kekacauan. Kita harus melindungi penduduk dan pelancong,” katanya.

Sejak Hong Kong kembali dari pemerintahan Inggris pada tahun 1997, National Day di negara itu selalu berlangsung meriah, sama halnya di China Daratan.

Sekitar 300.000 penduduk dan turis akan berkumpul di dua sisi Victoria Harbour untuk melihat pesta kembang api yang sangat megah, melebihi pesta malam tahun baru.

Namun National Day pernah dibatalkan pada tahun 2013 karena tragedi kapal Pulau Lamma dan pada 2014 karena aksi demo.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved