Gratis, Mozilla Firefox Luncurkan VPN, Begini Mekanismenya

Mozilla Firefox baru-baru ini mengumumkan sebuah fitur baru yang ditambahkan di pada browser mereka yaitu Virtual Private Network (VPN) gratis

Gratis, Mozilla Firefox Luncurkan VPN, Begini Mekanismenya
Mozilla
Firefox Private Network 

TRIBUNBATAM.id - Mozilla Firefox baru-baru ini mengumumkan sebuah fitur baru yang ditambahkan di pada browser mereka yaitu Virtual Private Network (VPN) gratis yang diberi nama Firefox Private Network.

Mozilla sendiri mengkalim kalau VPN ini lebih aman dan akan melindungi penelusuran web dengan enkripsi. VPN ini sendiri berbasis Firefox yang artinya, hanya akan melindungi browser itu saja.

Kamu pun hanya bisa memanfaatkannya ketika mengakses Firefox dengan koneksi Wi-Fi publik dengan mengunduh melalui laman resminya.

Setelah terpasang, nantinya akan muncul ikon kecil di toolbar yang bisa digunakan untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan VPN.

Menurut laporan The Verge, ketika mereka menggunakan VPN ini, kecepatan unduh berkurang 17Mbps ketika VPN diaktifkan.

Ada Ada Aja, 3.000 Orang Berencana Main Petak Umpet di IKEA, Ketahuan dan Digagalkan Polisi

Dulu Instagram Contek Snapchat, Kini Tiru Tik Tok

Tampilan Firefox Private Network
The Verge, Tampilan Firefox Private Network

Kalau kamu belum tau kenapa hal ini bisa terjadi. VPN sejatinya bekerja dengan mengubah alamat IP pengguna dengan memindahkannya ke wilayah lain.

Nah, karena pindahnya alamat IP kita, koneksi yang kita dapatkan pun sesuai dengan lokasi tersebut. Jika lokasi yang dipindahkan punya koneksi yang jelek, alhasil kita pun akan merasakan koneksi yang lambat pula.

Tapi VPN milik Firefox ini hanya memindahkan alamat IP ke wilayah yang dekat dengan alamt aslinya. Sehingga, iklan lokal masih berpeluang menyusup.

Mozilla mengatakan, Firefox Private Network ini akan gratis untuk waktu tertentu saja. Artinya, sebentar lagi akan dikenakan biaya.

Terlebih lagi, VPN besutan Mozilla ini pun masih dalam tahap beta dan terbatas untuk pengguna Firefox di Amerika Serikat saja. Jadi, ada kemungkinan ketika masuk Indonesia, atau disebar secara global. Sudah berbayar.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved