Gandeng Saka Bakti Husada, Dinkes Kepri Kampanyekan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Sarang nyamuk, nyatanya dengan mudahnya bisa ditemukan di sekitar rumah kita.

Gandeng Saka Bakti Husada, Dinkes Kepri Kampanyekan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk
ist
Antusiasme Anggota Saka Bakti Husada Saat Mengkampanyekan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD 

TRIBUNBATAM.id - Sarang nyamuk, nyatanya dengan mudahnya bisa ditemukan di sekitar rumah kita. Nyamuk yang dapat berkembang biak dengan mudah akan menyebabkan masalah tersendiri bagi kesehatan, khususnya sebagai penyebar penyakit, salah satunya penyakit demama berdarah.

Penyakit demam berdarah umumnya menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kita bisa mengenali ciri-ciri nyamuk demam berdarah ini dengan memerhatikan pola belang-belang putih di sekitar tubuh dan kakinya.

Nyamuk ini menularkan virus dengue penyebab demam berdarah ke manusia melalui gigitan kecilnya ke dalam kulit.

Nyamuk demam berdarah yang bertanggung jawab terhadap penularan tersebut adalah nyamuk betina, bukan nyamuk jantan. Ini karena nyamuk betina membutuhkan darah untuk memproduksi telur.

Saka Bakti Husada dengan anggotanya yang berasal dari seluruh sekolah yang tersebar di seluruh Provinsi Kepulauan Riau merupakan anggota masyarakat yang berinteraksi langsung dengan teman sebaya dan keluarga.

Aktifitas pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat SBH yang terstruktur dan terukur dapat diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan yang sifatnya jangka panjang dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, diperlukan kegiatan yang sistematis untuk menggerakkan SBH dalam penang-gulangan masalah kesehatan di Kepulauan Riau.

Latihan rutin di pangkalan SBH diarahkan pada peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan anggota Pramuka dalam hal pencegahan penyakit, penyehatan lingkungan, bina gizi, bina keluarga sehat, bina obat serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Setiap pencapaian keterampilan peserta didik diberikan penghargaan berupa Tanda Kecakapan Khusus.

Selain latihan rutin pencapaian tanda kecakapan khusus, kami memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satunya adalah melalui perkemahan bakti yang diselenggarakan seperti hari ini.

Perkemahan bakti ini mengambil tema Pemberantasan Sarang Nyamuk untuk penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue.

Perkemahan ini diikuti sekitar 250 peserta yang terdiri dari Penegak Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, serta didampingi oleh pembina, pamong dan instruktur masing-masing.

Agenda kegiatan terdiri dari pemberian materi penanggulangan penyakit  DBD, senam bersama dan Pemantauan Jentik DBD yang akan dilaksanakan di perumahan sekitar lokasi perkemahan. 

Setelah kegiatan ini, diharapkan siswa pramuka dapat  mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh untuk menanggulangi penyakit DBD di lingkunan masing-masing, terutama di sekolah dan keluarga sendiri.

Hal tersebut sejalan dengan strategi pembangunan kesehatan kita yaitu penyehatan masyarakat yang dimulai dari keluarga.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved