Breaking News:

Puluhan Wartawan di Karimun Buat Petisi, Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

Gabungan awak media dari sejumlah organisasi dan komunitas di Karimun mengecam aksi kekerasan terhadap wartawan di Makasar, Sulawesi Selatan.

TRIBUNBATAM.ID/Elhadif Putra
Awak media Karimun membuat petisi kecam aksi kekerasan pers. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Gabungan awak media dari sejumlah organisasi dan komunitas di Karimun mengecam aksi kekerasan terhadap wartawan di Makasar, Sulawesi Selatan.

Puluhan wartawan yang bergabung dalam Gerakan Aksi Solidaritas (GAS) tersebut menggalang petisi di Costal Area, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (25/9/2019).

Para wartawan yang melakukan aksi berasal dari media cetak, elektronik dan online. Mereka mengumpulkan tanda tangan sembari menyampaikan ungkapan-ungkapan yang meminta tidak diintimidasinya tugas wartawan.

Lapas Barelang Gelar FGD RUU Pemasyarakatan, Agar Pelayanan Lebih Maksimal

VIDEO Detik-detik Yasonna Laoly Emosi di ILC Karena Banyak yang Salah Paham Isi RKUHP

Seorang wartawan asal Karimun, Ilfitra mengatakan aksi yang dilakukan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap ketiga wartawan yang mendapat intimidasi saat melakukan tugas peliputan unjuk rasa mahasiswa di Makassar.

"Ini bentuk solidaritas terhadap rekan kita yang mengalami kekerasan saat melakukan tugasnya sebagai jurnalis," katanya.

Ilfitra yang mewakili peserta aksi lain menyayangkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum anggota Polri itu. Menurutnya, kekerasan terhadap jurnalis yang tengah bertugas adalah ancaman nyata bagi kebebasan pers dan demokrasi di tanah air.

ilustrasi kekerasan terhadap wartawan
ilustrasi kekerasan terhadap wartawan (Istimewa)

"Ketentuannya jelas, tugas jurnalis dilindungi UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Profesi jurnalis mendapat perlindungan hukum. Bahkan, dalam situasi perang sekali pun, pers tidak bisa di intimidasi, itu merupakan aturan internasional," papar pria yang juga merupakan ketua Komunitas Jurnalis Karimun.

Diketahui tiga wartawan yang mengalami tindakan kekerasan di Makasar adala Muh Darwin Fatir dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Sulsel, Saiful wartawan Inikata.com Ishak Pasabuan dan wartawan Makassar today.com.

Agar Mobil Tidak Jadi Target Maling Bermodus Pecah Kaca, Begini Caranya

Rencananya, aksi para jurnalis Bumi Berazam itu bukan sampai disitu saja.

Mereka akan melakukan aksi solidaritas dengan turun kejalan, Kamis (26/9/2019). (ayf)

Penulis:
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved