Disbudpar Kembangkan QR Code Untuk Destinasi Wisata, Mempermudah Wisatawan Berkunjung ke Batam

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam tengah merancang quick response (QR) code untuk destinasi wisata yang ada di Batam.

Disbudpar Kembangkan QR Code Untuk Destinasi Wisata, Mempermudah Wisatawan Berkunjung ke Batam
TRIBUNBATAM/ARGIANTODANUGRAHA
Kadis Pariwisata Batam, Ardiwinata 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam tengah merancang quick response (QR) code untuk destinasi wisata yang ada di Batam. Tak sendirian, Disbudpar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, dengan memindai kode respon cepat ini, wisatawan bisa mendapatkan informasi seputar destinasi wisata yang dipindai. Hal ini sekaligus untuk memudahkan wisatawan sebelum memutuskan datang berwisata ke Batam.

"Misal mau ke Mega Mall, dengan QR code ini dia sudah tahu dulu informasi apa saja di Mega Mall. Lokasinya dimana, yang dijual di sana apa," kata Ardi kepada Tribun, Rabu (9/10).

Sikap Politik Partai Gerindra Akan Diumumkan Prabowo Subianto Sebelum Pelantikan Jokowi

Pemko Batam Kembali Salurkan Paket Sembako Murah, Alokasi Paling Banyak di Setokok

Menjelang Habis Kontrak Dengan BP Batam, ATB Warning Kesediaan Air di Batam, Ada Apa?

Mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Batam ini menargetkan, semua destinasi wisata yang ada di Batam bisa di-QR code-kan kedepan.

"Sekarang kita dalam tahap mengumpulkan informasi, atau story telling lah untuk destinasi wisatanya," ujarnya.

Ardi melanjutkan, QR code untuk destinasi wisata di Batam sudah dimulai dari Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid ini termasuk destinasi wisata religi di Batam.

Peluncurannya di waktu bersamaan dengan peresmian penggunaan masjid, Jumat, 20 September lalu. Dengan memindai kode respon cepat, pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar masjid yang memiliki luas sekitar 5,7 hektare itu.

"Nanti apa lagi, misal wisata religi Vihara Duta Maitreya. Gambarnya, informasi-informasinya kita QR kan," kata Ardi.

Tak hanya destinasi wisata, arahnya nanti juga akan ke hotel dan lain sebagainya. Termasuk juga kerjasama dengan pihak lainnya.

"Ada satu aplikasi yang mungkin bisa kita kerjasamakan. Bisa memperhitungkan biaya, jarak, dan bagian dari itu. Jadi semakin mudah orang berkunjung ke Batam," ujarnya.(tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved