Fase Satu Perundingan AS dan China yang Substansial Disepakati, Tarif Impor Ditunda, Dunia Lega

Negosiasi tingkat tinggi yang berlangsung ketat karena berbagai isu "berat" bagi delegasi China, akhirnya mendinginkan perang dagang AS vs China

AP
Wakil PM China Liu He menyerahkan surat Presiden Xi Jinping kepada Donald Trump saat menerima delegasi Beijing yang berhasil mencapai kesepakatan fase satu dengan pihak AS, Jumat (11/10/2019) 

TRIBUNBATAM.ID, WEASHINGTON - Presiden AS Donald Trump mengatakan, negosiatornya telah mencapai "kesepakatan fase satu substansial" dengan delegasi China, sehingga hal ini akan menunda penerapan tarif impor produk China.

Negosiasi perdagangan tingkat tinggi yang berlangsung ketat karena berbagai isu "berat" bagi delegasi China, akhirnya berhasil mendinginkan perang dagang AS vs China.

Pertemuan dua hari itu diikuti oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Washington.

Berbicara di Gedung Oval, Trump mengumbar kesepakatan yang mencakup perlindungan kekayaan intelektual dan pembelian produk pertanian AS senilai US $ 50 miliar.

Gamer Wajib Tahu, Ini 6 Penjelasan Tipe Class Call of Duty Mobile

Ingat Yaa, Jangan Konsumsi Minuman Soda Bareng 3 Makanan Ini

TERNYATA Ini Isi Postingan Istri Dandim Kendari dan Istri Anggota TNI AU Soal Penikaman Wiranto

Namun, tidak ada konsesi untuk raksasa peralatan telekomunikasi China, Huawei Technologies, yang menghadapi pembatasan komponen dari perusahaan AS.

Liu yang memberikan surat Presiden Cina Xi Jinping kepada Trump mengatakan melalui penerjemah bahwa negosiasi membuat "banyak kemajuan di arah yang benar".

Hubungan ekonomi bilateral akan menguntungkan kedua negara dan negara-negara lain. dunia, kata Liu.

Liu dalam jumpa pers, Liu sempat mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada Lighthizer yang jatuh pada Hari Jumat.

Kesepakatan "fase satu" ini akan dirumuskan dalam perjanjian yang akan memakan waktu tiga hingga lima minggu untuk dilanjutkan pada kesepakatan fase kedua.

Trump menambahkan bahwa itu mungkin diratifikasi oleh dirinya sendiri dan Xi selama Pertemuan Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Chili pada pertengahan November.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved