BATAM TERKINI

Jelang Pilwako Batam, Bawaslu Buka Lowongan Panwascam, Tertarik?

Bawaslu Kota Batam membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran dibuka sejak 27 November-3 Desember. Tertarik?

Jelang Pilwako Batam, Bawaslu Buka Lowongan Panwascam, Tertarik?
TRIBUNBATAM.id/ENDRA KAPUTRA
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam Syailendra Reza 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran dibuka sejak 27 November-3 Desember 2019 mendatang.

Tahapan dan jadwal pembentukan Panwascam, meliputi pengumuman pendaftaran pada 13 hingga 26 November 2019. Kemudian pendaftaran dan penerimaan berkas 27 November hingga 3 Desember 2019.

Selanjutnya, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 27 November-4 Desember 2019, pengumuman hasil penelitian administrasi pada 12 Desember 2019.

Selain itu, tanggapan dan masukan dari masyarakat pada 12-15 Desember 2019, tes tertulis dan wawancara 13-17 Desember 2019, pengumuman hasil tes wawancara 18 Desember 2019 dan pelantikan Panwascam 20-21 Desember 2019.

KPU Kepri Launching Pilkada Serentak 2020 di Dataran Engku Putri Batam

Nama Balon Kepala Daerah di Kepri Sudah Bermunculan, Ini Kata Bawaslu Kepri

Bawaslu Anambas Minta Media Ikut Jaga Pesta Demokrasi, Ini Pesannya

Adapun persyaratan menjadi anggota Panwascam di antaranya, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

"Serta bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih," ujar Ketua Bawaslu Kota Batam Syailendra Reza Irwansyah Rezeki, Jumat (8/11/2019) siang.

Selain itu, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

Reza menegaskan, untuk petugas Panwascam di seluruh kecamatan nantinya sebanyak 36 orang. Setiap kecamatan terdiri dari tiga petugas.





"Semoga saja masyarakat berperan aktif untuk mensukseskan perekrutan ini dengan ikut mendaftarkan diri sepanjang memenuhi persyaratannya," harap Reza.

Ia menambahkan, sesuai dengan surat dari Bawaslu Pusat, pembentukan Panwascam ini diwajibkan melalui proses penjaringan dan penyaringan secara terbuka, kemudian pemilihan dan penetapan. 

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved