Samsat Batam Center Dapat Nilai B Row Model Penyelenggara Layanan Publik

UPT PPD Samsat Batam Center mendapat piagam penghargaan sebagai row model penyelenggara layanan publik kategori baik 2019

Samsat Batam Center Dapat Nilai B Row Model Penyelenggara Layanan Publik
istimewa
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Samsat Batam Center mendapatkan piagam penghargaan sebagai row model penyelenggara layanan publik kategori baik 2019 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Samsat Batam Center mendapatkan piagam penghargaan sebagai row model penyelenggara layanan publik kategori baik 2019.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Wilayah I di Hotel Aston, Kota Batam, Kamis (7/11/2019) lalu.

Kepala UPT PPD Batam Center, Vira Jiansa Respaty mengatakan, penghargaan diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Tjahjo Kumolo. Menpan RB itu hadir dalam kegiatan tersebut.

Vira mengakui, memang sebelumnya ada tim dari Menpan RB yang datang untuk melakukan penilaian.
Ada beberapa indikator pelayanan yang dinilai. Pertama terkait dengan kebijakan pelayanan, kedua profesionalisme SDM, ketiga sarana dan prasarana, keempat Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIP), kelima mengenai konsultasi dan pengaduan, dan keenam inovasi.

"Alhamdulillah dari beberapa indikator ini sudah dinilai oleh mereka dan kita mendapatkan hasil wilayah regional 1," ujarnya di Graha Kepri Lantai 4, Jumat (8/11/2019).

Manajemen Montigo Resort Batam Minta Maaf Atas Insiden Jembatan Roboh

Dikabarkan Sakit di Singapura, Pengusaha Robby Sumampow Didoakan Karyawan Hotel di Solo

Vira mengatakan, saat ini ada beberapa pelayanan yang diberikan Samsat. Diantaranya Samsat Corner yang berada di Harbourbay Mall, BCS Mall, DC Mall, Kepri Mall dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam. Selain itu ada juga bis Samsat keliling dan mobil Samsat keliling.

"Ada lagi Samsat bergerak seperti di pasar. Tim turun ke pasar atau kecamatan dan kelurahan menggunakan meja dan kursi," ujar Vira.

Untuk konsultasi dan pengaduan di kantor, pihaknya sudah menyediakan kotak aduan. Bisa ditulis dan ditindaklanjuti. Ada juga loket pengaduan langsung, selain itu bisa melalui website.

Vira melanjutka, penghargaan ini sebelumnya sudah pernah dilakukan pada 2018 lalu dan mendapat nilai C di Samsat Tanjung Pinang. Namun 2019 ini meningkat menjadi B di Samsat Batam Center.

"Memang yang menjadi lokus tahun ini UPT kami," katanya.

Selama Operasi Zebra, Samsat Batuaji Sumbang Rp 1,6 Milliar Untuk PAD Batam

Menurutnya, tim yang solid, menjadi kunci keberhasilan ini. Pihaknya akan terus berupaya membuat inovasi-inovasi terbaru.

"Kita mengikuti perkembangan zaman. Buat terobosan dan inovasi lainnya sekaligus memperlebar, menambah titik pelayanan lagi dan memberikan kemudahan kepada masyarakat," katanya.

Vira menambahkan untuk UPT PPD Samsat Batam Center melayani pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor dan juga pajak air permukaan. 

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved