HARI AIDS SEDUNIA

Ada Bank Sperma di Selandia Baru, Terima Donor dengan HIV Positif

Bank sperma pertama di dunia dengan donor orang yang positif mengidap HIV diluncurkan di Selandia Baru. Tiga laki-laki dengan HIV positif mendaftar

Ada Bank Sperma di Selandia Baru, Terima Donor dengan HIV Positif
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi Hari AIDS sedunia 

TRIBUNBATAM.id - Mendekati peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember, ada perkembangan terbaru di bidang reproduksi bagi pasien HIV/AIDS.

Apa itu?

Bank sperma pertama di dunia dengan donor orang yang positif mengidap HIV diluncurkan di Selandia Baru, tepatnya Rabu (26/11/2019) lalu.

Ketiga laki-laki dengan HIV positif yang telah mendaftar untuk jadi donor di bank sperma tersebut memiliki "muatan virus yang secara konsisten tidak terdeteksi."

Ini berarti, orang dengan HIV yang secara konsisten menjalani pengobatan tidak dapat menularkan virus kepada orang lain, menurut para ahli medis.

"Bank sperma dengan HIV positif ini sangat aman," kata dokter penyakit menular dan profesor dari Universitas Auckland, Mark Thomas, dalam sebuah pernyataan yang mendukung peluncuran bank sperma bernama Sperm Positive ini.

Tahukah Kamu, Kini Pasien HIV Bisa Menikah dan Punya Anak Tanpa Menularkan Virus?



"Ketika seseorang secara konsisten menjalani pengobatan yang efektif melawan infeksi HIV mereka, jumlah virus HIV dalam darah dan cairan seksual mereka hampir selalu berkurang menjadi jumlah yang tidak terdeteksi," tambahnya.

"Jumlah yang tidak terdeteksi"

Memiliki "jumlah yang tidak terdeteksi" berarti bahwa seseorang dengan virus HIV tidak dapat menularkannya melalui hubungan seks atau melalui proses melahirkan anak, menurut Thomas.

Mencari donor adalah proses yang mudah, tetapi membuat orang untuk berterus terang tidak mudah, karena masih banyak orang yang tidak ingin berbicara secara terbuka tentang status mereka.

Rodrigo Olin dari Yayasan New Zealand AIDS, salah satu organisasi yang memprakarsai proyek itu, mengatakan kepada Radio Selandia Baru bahwa orang yang hidup dengan HIV sering takut memberi tahu orang lain.

"Sayangnya, stigma itu masih mendorong orang untuk tidak mengungkapkan status HIV mereka," katanya. "Sebelumnya kita (pengidap virus HIV) tidak bisa menyumbangkan sperma dan menciptakan kehidupan, dan sekarang kita bisa." ae/hp (dpa)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bank Sperma di Selandia Baru Terima Donor dengan HIV Positif, https://www.tribunnews.com/internasional/2019/11/27/bank-sperma-di-selandia-baru-terima-donor-dengan-hiv-positif.
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved