HARI AIDS SEDUNIA

Hari Aids Sedunia, ARV Obat Ampuh HIV/AIDS hingga Turunkan Angka Kematian ODHA

Peringatan Hari Aids Sedunia ke-31 berlangsung pada 1 Desember 2019, kabar baiknya sudah ada obat ampuh menekan virus HIV/AIDS.

Hari Aids Sedunia, ARV Obat Ampuh HIV/AIDS hingga Turunkan Angka Kematian ODHA
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi Penyakit HIV dan AIDS 

TRIBUNBATAM.id - Peringatan Hari Aids Sedunia ke-31 berlangsung pada 1 Desember 2019, kabar baiknya sudah ada obat ampuh menekan virus HIV/AIDS.

Dilansir dari kemkes.go.id, antiretroviral (ARV) merupakan obat yang ampuh menekan virus HIV/AIDS dalam tubuh Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Saking ampuhnya, penderita HIV/AIDS bahkan bisa berkeluarga, produktif bekerja, berkeluarga dan virus nya tidak menular ke istri dan anaknya.

Dengan kata lain, ODHA yang meminum ARV secara teratur tanpa tertinggal sekalipun dapat hidup layaknya orang yang tidak menderita HIV/AIDS.

Namun bagaimana rekam jejak awal ARV ada di Indonesia sampai menurunkan angka kematian ODHA?

Ketua Panli HIV AIDS PIMS Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, Sp.PD menjelaskan awal pertama HIV/AIDS masuk ke Indonesia dibandingkan dengan sekarang jauh berbeda dari segi jumlah korban.

Karena kehadiran ARV itu, angka kematian akibat HIV/AIDS jadi menurun.

Ia mengatakan tahun 1986 ada laporan kasus seorang perempuan Indonesia di sebuah rumah sakit menderita HIV.

Kemudian tahun 1987 di Bali terdapat seorang wisatawan asal Belanda yang meninggal karena HIV.

''Dari situlah mulai kasus meningkat, dan biasanya adalah pasien datang dalam keadaan sakit berat, sudah dalam infeksi oportunistik entah itu TBC, infeksi otak, entah penyakit lain, kemudian diperiksa HIV dan diketahui positif,'' katanya pada Konferensi Pers jelang Hari AIDS sedunia, Rabu (27/11/2019) di gedung Kemenkes, Jakarta.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved