HARI AIDS SEDUNIA

60 Orang Menderita HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Anambas

Angka ini menurut Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Anambas, tergolong tinggi bila dilihat jumlah penduduk sekitar 40 ribu jiwa.

TRIBUNBATAM.id,ANAMBAS - Sebanyak 60 orang menderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. 

Angka ini menurut Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Anambas, tergolong tinggi bila dilihat dari jumlah penduduk Anambas sekitar 40 ribu jiwa. 

Sri Wahyuni pun menilai perlu adanya ruang khusus bagi pasien yang menderita penyakit menular. 

Hal ini ia sampaikan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, salahsatunya penyakit tersebut menular kepada orang lain.

Menurutnya, fasilitas seperti ruangan khusus yang diperuntukkan bagi pasien dengan penyakit menular masih minim pada sejumlah fasilitas kesehatan masyarakat yang ada di Anambas.

Tidak hanya itu, kelengkapan alat medis dalam menangani pasien dengan penyakit menular ini pun, memerlukan penanganan khusus yang seharusnya diimbangi dengan perlengkapan medis yang berbeda dengan perlengkapan pada umumnya.

"Angkanya cukup tinggi. Jumlah ini yang terdata, tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah," ujar Sri Wahyuni Minggu (1/12/2019). 

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) pun, melakukan penyematan pita kepada tokoh masyarakat sebagai simbol peringatan HIV/AIDS. 

Tidak hanya di Kecamatan Siantan, penyematan pita rencanaya akan dilakukan di sejumlah kecamatan lainnya seperti Palmatak dan Jemaja. 

Ia berharap dengan adanya langkah ini dapat memberikan efek kepada masyarakat melalui pemahaman bahaya HIV/AIDS bagi diri sendiri.

Halaman
123
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved