HARI AIDS SEDUNIA

HIV/AIDS di Batam Cenderung Meningkat, Sekitar 30 ODHA Datang Setiap Hari ke Rumah Sakit

Data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Batam, sebanyak 6.727 orang tercatat mengidap HIV dan 2.501 orang mengidap AIDS hingga November 2019

HIV/AIDS di Batam Cenderung Meningkat, Sekitar 30 ODHA Datang Setiap Hari ke Rumah Sakit
tribunbatam.id
Salah satu bangunan Rumah Sakit Embung Fatimah, Batuaji, Kota Batam, Provinsi Kepri Minggu (1/12/2019). Sekitar 30 orang yang terjangkit HIV/AIDS datang ke rumah sakit ini untuk berkonsultasi dan mengambil obat. 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Jumlah pengidap penyakit Human Immunodeficiency Viruses (HIV) Aids di Kota Batam terus meningkat.

Berdasarkan informasi data dari Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Batam, sebanyak 6.727 orang tercatat mengindap HIV dan 2.501 orang tercatat terjangkit AIDS hingga November 2019. 

Jumlah ini mengalami peningkatan setiap tahunnya antara 600 sampai 700 orang.

Dari jumlah itu, ada sebanyak 321 pria yang dinyatakan positif HIV, sementara untuk perempuan ada sebanyak 138 orang sedangkan yang meninggal akibat penyakit tersebut sebanyak 816 orang.

Komisi Penanggulangan HIV/Aids, Kota Batam, Daffi Liansyah menyebutkan, jumlah pengidap HIV AIDS di Batam tahun ini meningkat. Hal itu berbeda dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah itu, terdapat puluhan orang yang setiap harinya datang berobat kerumah sakit.

"Sekitar 30 orang setiap harinya kami lakukan pendampingan. Mereka berkonsultasi serta mengambil obat," ujar Daffi yang juga aktif dalam Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama itu Minggu (1/12/2019).

Setiap harinya, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS bersama teman-teman komintas peduli AIDS mendampingi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA)  yang ingin berkonsultasi terkait penyakit mereka.

Menurut Daffi Liansyah, pengidap penyakit HIV AIDS masih banyak yang merasa ketakutan untuk terbuka kepada siapapun. Akibatnya banyak diantara mereka yang menahan rasa sakit sendiri.

"Sementara hal itu kan harus ditangani, makanya kami buka pendampingan. Pendampingan ini langsung dilakukan oleh sesama mereka yang mengidap penyakit tersebut. Tujuannya agar ia dapat melalui penyakitnya bersama orang-orang sebayanya," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved