BATAM TERKINI

SISWA SMP di Batam yang Tolak Hormat Bendera Ikut Ujian Akhir Semester I

Dua siswa SMP Negeri 21 Batam berinisial DH dan WS yang sebelumnya menolak hormat bendera, ikut ujian pertengahan semester tahun ajaran 2019-2020

SISWA SMP di Batam yang Tolak Hormat Bendera Ikut Ujian Akhir Semester I
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi 

SISWA SMP di Batam yang Tolak Hormat Bendera Ikut Ujian Akhir Semester I

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dua siswa SMP Negeri 21 Batam berinisial DH dan WS yang sebelumnya menolak hormat bendera, ikut ujian pertengahan semester tahun ajaran 2019-2020.

Dua siswa tersebut, telah mengikuti ujian yang digelar mulai Senin (9/12/2019) hingga selesai.

Kabar tersebut diperoleh dari Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepulauan Riau, Eri Syahrial.

"Iya sudah bisa ikut ujian. Karena bagaimana pun, hak anak tidak boleh kurang. Ini juga adalah bagian dari amanat konstitusi kita. UUD 1945 telah mengisyaratkan hak-hak anak termasuk sekolah," katanya saat dihubungi TRIBUNBATAM.id, Selasa (10/12/2019).

Keputusan tersebut diambil setelah pihak sekolah, KPPAD, unsur TNI-POLRI, Pemko Batam, Kementerian Agama dan para tokoh menggelar rapat bersama.

Selama dua tahun terakhir, kedua siswa SMPN 21 Batam tersebut menolak hormat bendera merah putih dan tak mau menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Orangtua DH dan WS yang menganut aliran Saksi Jehowa menyebut menghormat bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak sesuai dengan keyakinan mereka.

SOLUSI 2 Siswa Batam Tolak Hormat Bendera Lagi Dicari, Kepsek SMP 21: Tolong Jangan Terus Diviralkan

"Nah meski begitu, semua unsur sudah kasih pemahaman. Harus dibedakan cara beragama dengan cara berbangsa dan bernegara. Nanti setelah ujian ini ada semacam pembelajaran tambahan. Ada wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. Ini yang harus ditanamkan kepada kedua anak ini. Nah semua pergerakan mereka juga tetap dipantau. Termasuk unsur TNI-POLRI," jelas Eri.

Sebelumnya, keputusan mengeluarkan 2 siswa SMP ini dari sekolah sempat viral dan menjadi isu nasional. 

Halaman
1234
Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved