Transaksi Valuta Asing di Batam Meningkat, Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Transaksi penjualan valuta asing (valas) menjelang Natal dan Tahun Baru cenderung meningkat. Seperti yang terjadi di money changer PT Global Valasindo

Transaksi Valuta Asing di Batam Meningkat, Jelang Libur Natal dan Tahun Baru
tribunnews batam/dewi haryati
Aktivitas pertukaran uang asing di money changer PT Banda Mustikamas, Batam, Selasa (3/11/2015). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Batam untuk berlibur.

Mengingat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 yang tinggal menghitung hari, transaksi penjualan valuta asing (valas) menjelang kedua hari perayaan tersebut pun cenderung meningkat. 

Salah satunya terjadi di money changer yang berada di Batam yaitu PT Global Valasindo.

Melalui teller-nya, Hendri, ia mengakui bahwa menjelang akhir tahun, ada peningkatan bagi masyarakat Batam untuk bertransaksi valas. 

“Memang biasanya peningkatan terhadap jual beli valuta asing jelang akhir tahun terjadi sekitar 50 persen. Alasannya banyak yang mau berpergian ke luar negeri,” ucapnya, Selasa (10/12/2019). 

Menurut Hendri, mata uang asing yang diminati masyarakat Batam menjelang perayaan Nataru jenisnya berkembang. 

Vivo S1 Pro Kini Hadir di Batam, Ini Keunggulannya

Jika hari biasa paling banyak transaksi itu untuk mata uang dollar Singapura dan ringgit Malaysia, jelang Nataru ini Hendri menyebut ada tambahan mata uang seperti Euro yang diminati masyarakat. 

Hendri menilai, tak jarang masyarakat Batam yang memanfaatkan liburan akhir tahun ini untuk berpergian ke negara-negara yang cukup jauh, seperti ke Negara Eropa. 

“Selain transaksi yang dilakukan untuk kepentingan pribadi, jelang Nataru ini transaksi valas juga didominasi oleh rombongan tur,” sebutnya. 

Ada Aturan KPU Baru, Tim Pemenangan Yakin Ismeth Abdullah Jadi Calon Terkuat Kepri Satu 2020

Hendri menyebut menjelang akhir tahun, banyak paket perjalanan di Batam yang memberikan promo spesial sehingga jumlah transaksi valas pun meningkat. 

Sementara untuk tren transaksi valas mata uang Dollar Amerika, Hendri menyebut jumlahnya normal saja. 

“Harapannya semakin mendekati Nataru harga valuta asing tetap stabil dan juga jumlah transaksi valas terus meningkat,” tutupnya. 

Pantauan Tribun Batam, nilai tukar dollar Singapura hingga Selasa (10/12/2019) siang berada di angka Rp 10.298 sedangkan untuk Dollar Amerika di angka Rp 14.002. (Tribunbatam.id/Nabella Hastin Pinakesti

Penulis: Nabella Hastin Pinakesti
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved