HARI INFANTERI 2019

HARI JUANG KARTIKA - Ketika 'Raksasa Perang Dunia' Ditaklukan 4 Hari 4 Malam di Pertempuran Ambarawa

Pasukan TKR bertempur habis-habisan melawan tentara Inggris yang diperkuat pasukan Gurkha di Ambarawa.

HARI JUANG KARTIKA - Ketika 'Raksasa Perang Dunia' Ditaklukan 4 Hari 4 Malam di Pertempuran Ambarawa
(P RADITYA MAHENDRA YASA) Via Kompas.com
Hari Juang Kartika - Drama kolosal Pertempuran Palagan Ambarawa memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Jenderal Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12). Dalam kesempatan itu ditekankan kembali peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan persatuan Indonesia. 

TRIBUNBATAM.id - Besok, Minggu 15 Desember 2019, segenap jajaran TNI Angkatan Darat (AD) dan tak terkecuali masyarakat Indonesia secara umum akan memperingati Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri.

Dilansir dari Wikipedia, Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat adalah tanggal khusus yang khusus Korps Infanteri TNI AD dan diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa

Ya. sebagaimana diketahui, peringatan Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri tak bisa dilepaskan dengan sejarah perang Ambarawa 74 tahun silam tepatnya 15 Desember 1945 .

Seperti apa kisah Perang Ambarawa yang sangat fenomenal ini? Marik Ikuti seksama!

Dilansir dari Kompas.id dalam artikel 'Palagan Ambarawa: Pertempuran Pasukan “Semut Merah” Vs Sekutu  palagan atau pertempuran Ambarawa adalah momen pertempuran infanteri terbesar dalam sejarah militer Indonesia.

Pertempuran ini diawali dengan rangkaian konflik antara pasukan Sekutu dengan TKR dan para pemuda Republiken. Pasukan Sekutu dimotori pasukan dari British India di Magelang, Ambarawa, dan Semarang.

SUBSCRIBE CHANEL YOUTUBE TRIBUNBATAM OFFICIAL: 

Para serdadu TKR (Tentara Keamanan Rakyat)  menggunakan bambu runcing dan senapan Arisaka, berhadapan dengan serdadu Inggris-India dengan senapan Lee Enfield.

Peristiwa ini juga hanya berselang dua bulan dengan pertempuran lima hari di Semarang (15-19 Oktober 1945) yang juga peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Aminudin
Editor: Aminudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved