Kemenhub Pantau Kesiapan Pelabuhan Tanjungpinang Menjelang Natal dan Tahun Baru

Menjelang mudik Natal dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) lakukan pantauan

Kemenhub Pantau Kesiapan Pelabuhan Tanjungpinang Menjelang Natal dan Tahun Baru
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kemehub melakukan pantauan kesiapan pelabuhan jelang Natal dan Tahunbaru (Nataru) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Menjelang mudik Natal dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) lakukan pantauan kesiapan pelabuhan.

Peneliti Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan, Kemenhub, Paulus Raga mengatakan, pihaknya datang ke pelabuhan sri bintan pura (SBP) Tanjungpinang untuk melihat persiapan dan pelaksanaan angkutan mudik Nataru 2020.

"Kami melihat fasilitas-fasilitas yang ada disetiap pelabuhan khusunya untuk angkutan penumpang, seperti tempat duduk, toilet, tempat ibu menyusui, tempat merokok, dan Mushola," kata Paulus, Minggu (22/12/2019).

Dapatkan Tubuh Ideal Meski Hobi Ngemil dengan Pelajari Tips Mudah Berikut ini

VIDEO - Selamat Hari Ibu, Ini Ucapan Menyentuh Para Tokoh di Batam

Paulus menilai, fasilitas yang ada di pelabuham SBP sudah cukup sesuai ketentuan sehingga bisa memberikan pelayanan yang bagus pada calon penumpang.

"Pada saat itu juga dilakukan wawancara pada calon penumpang, meminta penilaian pelayanan yang mereka terima dari pihak pelabuhan, menjelang Nataru, baik pelayanan diterminal maupun di atas kapal " ujarnya.

Paulus juga menyebutkan, pihaknya ikut pelayaran bersama kapal KM. Kelud dari Batam menuju Tanjung Balai Karimun untuk melakukan hal yang sama dengan pelabuhan SBP.

Camat Batuaji Minta Warga Jaga Kebersihan Dimusim Hujan, Sampaikan Pesan Via WhatsApp

"Kita melihat, dan menilai pelayanan yang diberikan kepada penumpang, baik kapal cepat maupun kapal Pelni," ujarnya.

Kegiatan ini pun serentak dilakukan se-Indonesia. Sekitar 52 pelabuhan yang digaranti oleh Puslitbang untuk dilakukan survei.

"Tidak hanya untuk Nataru tapi juga untuk angkutan Lebaran. Hal ini sudah jadi agenda rutin kita," sebutnya.

Paulus mengimbau, kepada calon penumpang disetiap pelabuhan agar tidak membawa barang terlalu banyak saat mudik, dan mengikuti aturan demi keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Pertama pastinya merepotkan bila membawa barang banyak. Harus itu taati peraturan, apalagi peraturan dilarang merokok, maka harap dipatuhi, jangan malah merokok, kasian penumpang lainnya," himbaunya.(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved