VIDEO - Menteri ATR Sofyan Djalil Lempar Jawaban ke Orang di Sebelahnya Saat Ditanya Hal Ini

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI Sofyan Djalil mengaku tak tahu berapa luas lahan tak bersertifikat yang akan diselesaikan di Batam.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI Sofyan Djalil mengaku tak tahu berapa luas lahan tak bersertifikat yang akan diselesaikan di Batam.

Saat ditemui pada acara pemberian sertifikat kepada warga kampung tua di Aula Serba Guna Universitas Batam, Jumat (20/12/2019), menteri ATR yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu menyerahkan jawabannya kepada Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam, Memby Untung Pratama.

"Oh saya tidak tahu pastinya, ini kepala kantor BPN Batam," kata Sofyan sambil mengarahkan wartawan kepada Kepala BPN Batam.

Sedangkan, Kepala BPN Batam, Memby Untung Pratama menyebut, kalau penyelesaian sertifikat hingga saat ini masih di tiga titik dari rencana penyelesaian 37 titik kampung tua di Batam.

"Kalau total di Kota Batam ada 1000 kilometer persegi, baru selesai di Kampung Tua 3 titik dari 37 titik yang akan diselesaikan," ungkap Memby.

 Pengobanan Seorang Ibu di Batam; Aku Hanya Minta Satu, Beri Aku Jalan Sekolahkan Anak-Anakku

 KONI Batam Gelontorkan Rp 800 Juta Untuk Apresiasi Atlet dan Pelatih di Kota Batam

 

Namun penyelesaian sertifikasi lahan di Batam masih menemui masalah di lapangan. Memby pun menambahkan masih mendata berapa luas lahan yang bermasalah itu.

"Kita masih menyisir, masih menginventarisasi mana yang di dalam kawasan hutan lindung, mana yang HPL dan mana yang PL sisanya akan kita selesaikan," lanjut Memby. 

Sementara itu, masih soal lahan, Menteri Sofyan Djalil tak berkomentar banyak perihal luas lahan warga yang tumpang tindih dengan kawasan hutan lindung.

Awalnya, pertanyaan Tribun Batam seputar luas lahan yang akan disertifikasi oleh pemerintah di Batam tak mampu dijawab oleh Sofyan, dia lalu mengarahkan jawaban itu kepada Kepala BPN Batam Memby Untung Pratama.

"Kita masih berkoordinasi dengan Badan Pengelola Hutan Lindung dan Dinas Kehutanan setempat," jawab Memby.

Jawaban Kepala BPN Batam ini langsung ditimpali oleh Sofyan.

"Nanti anda tanya sama orang kehutanan, deh ya," timpal Sofyan sambil melempar senyuman. (tribunbatam.id/ardana nasution)

Penulis: Ardana Nasution
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved