HEADLINE TRIBUN BATAM

Kabur saat Baku Tembak, 2 WNI Sandera Abu Sayyaf Dibebaskan Tentara Filipina

Dua dari tiga WNI yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina selatan berhasil dibebaskan oleh tentara Filipina Minggu (22/12/2019).

Kabur saat Baku Tembak, 2 WNI Sandera Abu Sayyaf Dibebaskan Tentara Filipina
wahyu indri yatno
halaman 01 TB 

Kabur saat Baku Tembak, 2 WNI Sandera Abu Sayyaf Dibebaskan Tentara Filipina

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Dua dari tiga warga negara Indonesia yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina selatan berhasil dibebaskan oleh tentara Filipina pada Minggu (22/12/2019).

Dalam operasi pembebasan itu, seorang tentara Filipina dan seorang militan kelompok Abu Sayyaf dilaporkan tewas dalam dalam baku tembak selama 30 menit di kota pegunungan Panamao di pulau selatan Jolo.

”Selama baku tembak, kedua korban berhasil melarikan diri (dari para militan) dan kami dapat menyelamatkan mereka,” kata komandan militer Letnan Jenderal Cirilito Sobejana seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (22/12/2019).

Tiga WNI yang berprofesi sebagai nelayan itu sebelumnya diculik oleh gerilyawan Abu Sayyaf pada September 2019 di perairan Malaysia dekat ujung selatan pulau Mindanao Filipina.

Total, mereka telah disandera oleh kelompok Abu Sayyaf selama 90 hari. Ketiga WNI itu diketahui bernama Maharudin Lunani (48), putranya Muhammad Farhan (27), dan Samiun Maneu (27).

Abu Sayyaf sempat meminta tebusan senilai lebih dari Rp 8 miliar untuk pembebasan tiga WNI itu melalui video.

Sobejana mengatakan operasi militer tentara Filipina masih berlangsung untuk menyelamatkan sandera Indonesia lainnya.

"Dia bisa saja melarikan diri atau gerilyawan masih menahannya, jadi kami akan melakukan serangan lagi," kata Sobejana.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam pernyataannya menyebut dua WNI berinisial SM dan ML dibebaskan setelah militer Filipina mengetahui lokasi penyandera.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved