Turis Filipina Mulai Tertarik Kunjungi Batam, Jadi Wisman Perdana di Awal 2020

Wisatawan mancanegara (wisman) asal Filipina menjadi wisatawan pertama yang datang ke Batam di awal Januari lalu.

TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Dannis dan Yasmin, turis yang pertama menginjakkan kaki di Kota Batam berasal dari Filipina ini datang melalui Pelabuhan Sekupang Ferry Terminal, Rabu (1/1/2020) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Mengawali tahun 2020, wisatawan mancanegara (wisman) asal Filipina menjadi wisatawan pertama yang datang ke Batam di awal Januari lalu.
Rombongan wisman ini datang menumpangi kapal pertama, lewat Pelabuhan Internasional Sekupang (Sekupang Ferry Terminal/SFT), Rabu (1/1/2020).

“Alhamdulillah, awal yang baik. Kalau biasanya wisman Singapura semua. Kali ini sudah mulai masuk dari Filipina. Kami berharap bisa berlanjut sepanjang tahun ini,” kata pengelola SFT, Jumarly sebagaimana dilansir dari Media Center Batam, Sabtu (4/1/2020).

Menurutnya, ini pertama kali kedatangan wisman Filipina dalam jumlah banyak di SFT. Sebanyak 45 orang tiba di Sekupang pulul 07.30 WIB dengan kapal pertama dari Singapura.






Sebagai wisman pertama di Batam, mereka disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin yang mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Ribuan wisman masih berdatangan hari ini. Namun yang kembali akan lebih banyak. Mereka sudah berada di Batam sebelum Natal lalu,” ujarnya.

Selama musim liburan, kata dia, sedikitnya tiga ribu wisman masuk ke Batam untuk berlibur. Rata-rata menghabiskan tiga sampai lima hari di Batam sebelum kembali ke negaranya.

Pilih Jagoan untuk Pilwako Batam, Hanura Bakal Adakan Fit & Proper Test Januari 2020

Mak Dupek Korban Tanah Amblas di Batam, Jalan Kaki ke Tenda Perbekalan Pakai Tongkat Khusus

Berdasarkan data, angka kunjungan tahun 2019 melalui SFT mengalami peningkatan. Menurutnya setiap hari tercatat kenaikan sampai 2.500 kunjungan masuk. Tertinggi di saat hari-hari libur nasional Singapura.

Jumarly berharap agenda pariwisata yang sudah disusun Pemko Batam bisa menjadi daya tarik wisman. Sehingga angka kunjungan meningkat dan berdampak pada perekonomian Batam ke depan.

“Kalau wisman ini intinya perjalanan mereka nyaman. Jadi mereka betah. Sekarang kan baru masuk dari Filipina. Kalau mereka puas tidak menutup kemungkinan mereka kembali dan mengajak teman-teman mereka untuk berkunjung melalu SFT ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan ada 136 agenda pariwisata yang akan memeriahkan Batam sepanjang 2020. Ia menargetkan setidaknya 2 juta wisman bisa masuk ke Batam tahun ini.

“Masuknya wisman Filipina ini bisa jadi nilai tambah ke depannya. Jadi tidak hanya Singapura. Sekarang kami mencoba mendatangkan wisman dari Tiongkok dan negara lain,” kata Ardi. (*)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved