BATAM TERKINI

Anak Baru Lahir Bisa Jadi Tanggungan BPJS Kesehatan, Ini Penjelasannya

Anak yang baru lahir bisa mendapat jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN
Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi saat memberikan penjelasan terkait kenaikan Iuran BPJS kesehatan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Anak yang baru lahir bisa mendapat jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi. Ia menjelaskan bahwa anak yang baru lahir akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan bila orang tuanya terlebih dahulu sudah terdaftar sebagai peserta jaminan Kesehatan.

"Jadi sekarang lebih mudah, anak yang lahir dari peserta JKN-KIS otomatis ditanggung," ujar Irfan, Rabu (8/1/2020).






Dengan catatan, anak yang baru lahir itu segera didaftarkan oleh orang tua atau keluarganya dengan membawa surat keterangan lahir ke BPJS Kesehatan.

Irfan menjelaskan, masalah yang sering terjadi adalah banyak orang tua yang kurang peduli atau takut untuk ikut kepesertaan BPJS Kesehatan, sehingga ketika terjadi hal darurat baru kebingungan.

"Jika orang tua belum mendaftar atau terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, jika terjadi hal darurat itu di luar tanggunan kita," ujar Irfan.

Dapat Tagihan dari RS Rp 37 Juta, Peserta BPJS Kesehatan Ini Malah Bersyukur, Kok Bisa?

MULAI HARI INI 1 Januari 2020, Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Mulai Diberlakukan

Ia juga menghimbau dan menyarankan kepada masyarakat Kota Batam agar mendaftarkan diri sebelum sakit. Karena jaminan kesehatan itu untuk jaga-jaga ketika dalam kondisi darurat bisa ditangani biayanya dari BPJS Kesehatan.

"Kita ada aturan, jika pendaftaran mandiri maka membayar di 14 hari kemudian baru bisa aktif. Jadi saran kami mendaftarlah sebelum sakit atau jika kurang mampu bisa melaui PBI yang ada programnya di Pemerintah Daerah. Sehingga ketika terjadi hal darurat tidak kebingungan," ujar Irfan.

Tak Punya BPJS Kesehatan, Bayi Kembar di Batam Meninggal dan Kritis

Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kepri Erry Syahrial meminta Dinas kesehatan dan BPJS kesehatan agar lebih gencar mensosialisasikan program perlindungan jaminan kesehatan terutama bagi warga tak mampu.

Permintaan itu untuk menghindari terulangnya kematian satu di antara bayi kembar dari pasangan Samsuardi dan Dewi Setyahningsih, beberapa waktu lalu.

Halaman
123
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved