BATAM TERKINI

IAP Kepri Adakan Kongres Provinsi Sabtu (11/1) di Batam, Cari Pimpinan & Bentuk Kepengurusan Baru

Kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepri bakal diisi talkshow membahas isu-isu strategis dalam perencanaan wilayah dan kota di Provinsi Kepri.

IAP Kepri Adakan Kongres Provinsi Sabtu (11/1) di Batam, Cari Pimpinan & Bentuk Kepengurusan Baru
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Rapat pengurus IAP Kepri. IAP Kepri akan menggelar Kongres Provinsi Sabtu (11/1/2020) ini. Diantaranya untuk membentuk kepengurusan baru periode 2020-2023 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepulauan Riau (Kepri) akan menggelar Kongres Provinsi ke-3 di Hotel Sahid Batam Center, Kota Batam, Kepri, Sabtu (11/1/2020). Tema yang diangkat dalam kegiatan ini, “Peran dan Penguatan IAP Kepulauan Riau dalam Perencanaan Pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau”. 

Rangkaian kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepri bakal diisi talkshow membahas isu-isu strategis dalam perencanaan wilayah dan kota di Provinsi Kepri. Adapun pembicara yang akan mengisi talkshow ini, yakni Dr. Hendricus Andy Simarmata selaku Ketua Umum IAP Nasional; Wan Darussalam selaku Kepala Bapelitbangda Kota Batam; dan Dr. Yayat Supriatna selaku Pengamat Perkotaan.

Talkshow akan dipandu moderator Dr. Mohamad Gita Indrawan. Pembukaan Kongres Provinsi IAP Kepri rencananya akan dibuka langsung Plt Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto.

Kongres Provinsi IAP Kepri dilaksanakan sesuai amanat AD-ART IAP Nasional No.12 Tahun 2016 dalam rangka membentuk kepengurusan baru untuk tiga tahun kedepan, yakni masa periode 2020-2023.

Sekadar informasi IAP adalah sebuah organisasi profesi yang berfungsi sebagai wadah bagi para ahli perencanaan wilayah dan kota. Asosiasi profesi IAP di Kepri telah berdiri pada tahun 2010 di Kota Batam.

Saat ini, Ketua IAP Kepri adalah Ir Suratno, MT dan Sekretaris IAP Kepri Ir. Enggia Arni, MT. Keduanya menjabat sebagai pengurus IAP Kepri sejak 2016 lalu.

Jelang Pilkada, Bawaslu Batam Ingatkan KPU Soal Persiapan Logistik, Jangan Sampai Terlambat Lagi

Pemko Batam Siapkan Dana Rp 103 Miliar, Pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Berlanjut

Sementara itu, anggota IAP Kepri yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap untuk bisa ikut kegiatan kongres telah mencapai hampir 100 orang. Mereka berkonsentrasi menetap di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam serta tersebar di beberapa kabupaten yang ada di Kepri.

Mereka dari beragam profesi, seperti pegawai pemerintahan di provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Kepri, praktisi konsultan, akademisi, swasta dan wiraswasta.

Pendaftaran Anggota IAP Kepulauan Riau ini telah dilakukan sejak 12 November-12 Desember 2019. Proses registrasi keanggotaan dilakukan secara online. Setelah dilakukan proses pendaftaran keanggotaan, selanjutnya adalah pendaftaran untuk menjadi Calon Ketua IAP Kepri, 19-22 Desember 2019 sesuai syarat dan kriteria yang ditetapkan panitia pemilihan.

Adapun tantangan terbesar untuk kepengurusan IAP Kepri periode 2020-2023, yakni menguatkan peran organisasi IAP Kepri agar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah Kepri. Itu dalam menyusun rencana-rencana pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan serta berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai institusi baik pemerintah, swasta, LSM, dan asosiasi-asosiasi profesi lain yang terkait. (*)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved