BATAM TERKINI

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, Ini Pesan Sesmenko Perekonomian RI Kepada Pejabat BP Batam

Susiwijono menghimbau kepada para pejabat untuk meningkatkan integritas, kapasitas, produktivitas dan menguatkan solidaritas di unit kerja

Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, Ini Pesan Sesmenko Perekonomian RI Kepada Pejabat BP Batam
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA HUMAS BP BATAM
Sekretaris Menteri Kemenko Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Di sela lawatannya ke Batam, Sekretaris Menteri Kemenko Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso, berkesempatan hadir dan memberikan arahan kepada 278 pejabat eselon II, III, IV dan Unit Usaha BP Batam yang baru dilantik Jumat (10/1/2020) lalu.

Pertemuan berlangsung di Ruang Balairungsari BP Batam, Senin (13/1/2020).

Dalam kesempatan ini, kedatangan Susiwijono diterima oleh Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto bersama para Anggota Bidang BP Batam.






Susiwijono menyampaikan beberapa poin penting untuk para pejabat yang baru dilantik terkait dengan ketidakpastian ekonomi global yang sedang dihadapi.

Untuk menghadapi tantangan ini, Susiwijono menghimbau kepada para pejabat untuk meningkatkan integritas, kapasitas, produktivitas dan menguatkan solidaritas di unit kerja masing-masing guna mengejar target kinerja.

"Apalagi baru dilantik kemarin. Saya ingin bertemu menyampaikan konsep kementerian kita kedepan bersama menghadapi tantangan dan dinamika yang ada.

Dengan semangat jabatan baru, kita jaga sama sama. Tahun ini kita fokus ke berbagai tantangan. Fokus pada tujuan pada BP Batam kedepan. Fokus pada pengembangan kedepan," ujarnya.

Pelantikan Pejabat BP Batam, Rudi Minta Kinerja Pejabat yang Dilantik Berubah seperti Power Rangers

Kepala BP Batam Lantik Ratusan Pejabat, Dikasih Waktu 3 Bulan Jalankan Tugas Baru

Susiwijono mengingatkan, amanah yang telah diberikan merupakan penghargaan sekaligus ujian terhadap tantangan besar yang akan dihadapi kedepan.

Pemerintah memberikan perhatian dan tantangan besar bagi Batam dengan potensinya yang luar biasa harus dimaksimalkan.

“Saya mengingatkan posisi BP Batam, mewakili negara, mewakili pemerintah, mewakili kepentingan publik. Potensi yang luar biasa ada pada BP Batam (seperti unit bisnis usaha strategis) mari kita dorong kita support.

Tolong jaga amanah itu. Tantangan dari Presiden harus kita lakukan, mau tidak mau kita harus lakukan perubahan," tegasnya.

Saat ini tantangan ekonomi global begitu luar biasa mengalami ketidakpastian, ekonomi dunia mengalami perlambatan baik di negara maju maupun berkembang, diakibatkan oleh banyak faktor seperti Perang dagang China-AS, Ketegangan Geopolitik Internasional (Jepang – Korea Selatan; Amerika Serikat- Iran; Brexit), Pelemahan Aktivitas Manufaktur, dan Fluktuasi Harga Komoditas, mempengaruhi kebijakan ekonomi yang harus diambil oleh Indonesia.

Susiwijono juga menekankan, menghadapi kekhawatiran perlambatan perekonomian global, maka daya saing SDM harus didorong.

Ia meminta Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto untuk memberikan perhatian besar pada pengembangan SDM BP Batam tahun ini.

“Semangatnya perlu kita dorong dengan meningkatkan competitiveness-nya dan kompetensinya. Pengembangan SDM saya kira dengan melihat kapasitas SDM BP Batam yang ada (saat ini), saya yakin sangat bisa kita menangkan ini kedepan," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved