Anak Jelaskan Penyakit Nurdin Basirun Sudah Lama, Bahkan Sebelum Sidang Kasus Suap

Gubernur Kepri (nonaktif) Nurdin Basirun menjalani perawatan di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

(KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN)
Sidang pemeriksaan saksi untuk mantan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, terdakwa kasus dugaan suap terkait izin prinsip pemanfaatan ruang laut di Kepulauan Riau dan penerimaan gratifikasi, Rabu (8/1/2020) 

TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri (nonaktif) Nurdin Basirun menjalani perawatan di RS  Abdi Waluyo, Jakarta.

Akibat Nurdin Basirun sakit, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menunda sidang pemeriksaan saksi terhadap Gubernur (non-aktif) Kepri, Nurdin Basirun kemarin, Rabu (15/1/2020).

Nurdin Basirun  merupakan terdakwa atas kasus dugaan suap terkait penerbitan izin pemanfaatan ruang laut atau izin 'reklamasi' di Tanjung Piayu, Kota Batam beberapa waktu lalu.

Selain itu, Nurdin juga dikaitkan perihal kasus penerimaan gratifikasi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pengusaha di Kepri.

Informasi Nurdin Basirun sakit disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan informasi kepada majelis hakim bahwa terdakwa Nurdin Basirun dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta karena sakit.

"Terdakwa Nurdin Basirun masih dirawat di Abdi Waluyo yang mulia," kata jaksa KPK dalam persidangan.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nonaktif, Nurdin Basirun meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan KPK, di Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Nurdin Basirun diperiksa terkait kasus suap izin prinsip dan izin lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau kecil di Kepri tahun 2018/2019. Tribunnews/Muhammad Iqbal Firdaus
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nonaktif, Nurdin Basirun meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan KPK, di Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Nurdin Basirun diperiksa terkait kasus suap izin prinsip dan izin lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau kecil di Kepri tahun 2018/2019. Tribunnews/Muhammad Iqbal Firdaus (Tribunnews/Muhammad Iqbal Firdaus)

Jaksa menyampaikan Nurdin mulai merasakan sakitnya itu sejak Jumat, 10 Januari 2020. Esok harinya, Nurdin dibawa ke RS Abdi Waluyo.

Jaksa tidak menyampaikan secara spesifik Nurdin sedang sakit apa dalam sidang itu.

Jaksa hanya menyampaikan ada surat keterangan sakit yang akan diserahkan ke majelis hakim yang dipimpin hakim Yanto tersebut.

"Hari Rabu nanti, saksi dipanggil ya. Untuk itu sidang ditunda dan dilanjutkan 22 Januari," kata hakim Yanto menutup persidangan.

Halaman
1234
Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved