ANTISIPASI VIRUS CORONA DI BINTAN

Jadi Pendeteksi Suhu, Ini Dia Cara Kerja Termal Scanner, Alarm Bunyi Jika Suhu Tubuh Tinggi

Setiap wisatawan asing yang datang ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harus melewati alat pendeteksi suhu tubuh atau biasa disebut Termal Scanner.

Jadi Pendeteksi Suhu, Ini Dia Cara Kerja Termal Scanner, Alarm Bunyi Jika Suhu Tubuh Tinggi
TRIBUNBATAM.id/ENDRA KAPUTRA
Kasi Pengendalian Karantina dan surveykands Epidemiologi Nolita Sephana 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Setiap wisatawan asing yang datang ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harus melewati alat pendeteksi suhu tubuh atau biasa disebut Termal Scanner.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 2 Tanjungpinang, Agus Jamaludin melalui Kasi Pengendalian Karantina dan surveykands Epidemiologi Nolita Sephana menjelaskan, alat pendeteksi ini bisa melihat langsung berapa suhu setiap orang.

"Jadi setiap penumpang Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Indonesia seperti Tanjungpinang harus dilakukan pengecekan dengan alat tersebut," katanya, Rabu (22/1/2020).






Disampaikannya, bila alat tersebut mendeteksi suhu tubuh penumpang mencapai lebih dari 38 derajat celcius, petugas akan melakukan pemeriksaan.

"Otomatis alat ini akan berbunyi alarmnya. Petugas akan meminta WNA itu untuk masuk dalam ruangan pemeriksaan," ujarnya.

Ia menegaskan, bahwa alat ini tidak bisa langsung mengklaim bila suhu tubuh melebih 38 derajat celcius menandakan terkena wabah penyakit dari luar negeri.

"Tidak bisa langsung mengklaim. Makanya kita lakukan pemeriksaan lanjutan. Tapi tetap awal pemeriksaan bila suhu naik ya saat alat mendeteksi," ujarnya.

Pemeriksaan menggunakan alat itu pun wajjb dilakukan oleh seluruh penumpang yang datang dari luar negeri.

Sebagai informasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas ll Tanjungpinang membawahi 11 wilayah kerja.

Terdiri dari, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Anambas, dan Kabupaten Natuna.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved