VIDEO - 2 WNA China Sempat Diduga Terjangkit Virus Corona, Ini Kronologinya dari KKP Tanjungpinang

KKP kelas II Tanjungpinang mengungkapkan kronologi awal mula 2 WNA asal China diduga terinfeksi virus corona yang kini sedang mewabah di China.

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Tanjungpinang mengungkapkan awal mula adanya informasi dugaan turis Warga Negara Asing (WNA) asal China yang terpapar virus Coronavirus (nCoV) alias virus corona.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Tanjungpinang Agus Jamaludin melalui Kasi Pengendalian Karantina dan surveykands Epidemiologi Nolita Sephana mengaku mendapat informasi dari RSUD Kijang, Bintan 20 Januari 2020.

"Atas informasi itu, kita tindak lanjuti bersama Dinkes Bintan. Sebab turis itu ada keluhan demam, batuk, dan pilek. Kebetulan WNA tersebut berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, Cina," sebutnya saat ditemui di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Rabu (22/1/2020) siang.

Disampaikannya, penyelidikan epidemiologi, dua WNA tersebut melaporkan tidak pernah mengunjungi pasar segar lokal di Wuhan tempat outbreak.

"Juga tidak punya riwayat kontak dengan hewan, tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak dimasak, tidak mengkonsumsi daging (vegetarian), dan tidak merokok. Jarak tempat outbreak dan tempat tinggal penderita jauh juga," ucapnya.

 WASPADAI Virus Corona, Pelabuhan Internasional Sekupang Pasang Thermal Detector

Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh kedua WNA tersebut awalnya memang diatas 38 derajat celcius.

Namun, sehari setelah pengecekan menurun 36,10 derajat celcius.

"Hasil rotgen menunjukkan pasien tidak ada gambaran pneumonia, atau virus Coronavirus (nCoV)," ujarnya. 

Sempat Diduga Mengidap Virus Corona

Dua turis asal China yang berkunjung ke Bintan diduga terinfeksi penyakit Pneumonia virus Coronavirus (nCoV) dari Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved