BINTAN TERKINI

Kabar Gembira, Pelayanan Uji KIR Kendaraan sudah Ada di Bintan, Masyarakat Tak Perlu Repot ke Batam

Kepala Dishub Bintan, Muhammad Insan Amin menuturkan, sejak dibuka awal tahun 2020, sudah hampir 100 kendaraan yang melakukan uji kir

Kabar Gembira, Pelayanan Uji KIR Kendaraan sudah Ada di Bintan, Masyarakat Tak Perlu Repot ke Batam
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Kadishub Bintan, Muhammad Insan Amin 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bintan sudah mulai melayani pengujian kendaraan bermotor (PKB) atau uji kir di Kantor UPT Dishub Bintan yang beralamat di Ceruk Ijuk, Kabupaten Bintan.

Pengoperasian kembali Gedung Unit Pelayanan Teknis (UPT) untuk uji kir ini, sudah dimulai akhir tahun 2019 lalu. Namun uji kir mulai aktif dilaksanakan bulan Januari 2020.

Suasana uji kir juga sudah mulai tampak ramai di gedung UPT Dishub Bintan. Sejumlah kendaraan pribadi, truk dan bus tampak antre melakukan uji kir.

Kepala Dishub Bintan, Muhammad Insan Amin menuturkan, sejak dibuka awal tahun 2020, sudah hampir 100 kendaraan yang melakukan uji kir. Baik itu kendaraan pribadi, bus, truk dan mobil pikap.




"Jadi sejak kita buka aktif awal tahun ini, alhamdulillah sudah mencapai 100 kendaraan yang melakukan uji kir di sini," ucapnya, Selasa (4/2/2020).

Ia melanjutkan, adapun uji kir yang dilakukan yakni uji emisi atau asap kendaraan yang dihasilkan dari solar, uji rem dan lampu kendaraan.

Dari uji kir yang dilakukan, rata-rata kendaraan yang tidak lulus itu pada lampu. Namun ada juga pada rem kendaraan yang kurang memenuhi standar uji kir.

Amsakar Minta Dishub Lebih Ketat Uji KIR, Angkutan Umum Dimodifikasi untuk Timbun Solar

Akhir Tahun Ini, Warga Bintan Tidak Lagi Uji Kir di Batam

"Sedangkan untuk uji emisi pada asap kendaraan masih aman standar di Indonesia," ujarnya.

Ia menyebutkan, apabila kendaraan saat uji kir tidak standar atau tidak lolos, pihaknya segera menyarankan pengemudi untuk membawa ke bengkel.

"Jadi jika saat uji kir tidak lolos di bagian rem atau lampu kendaraan tidak standar, kita sarankan untuk memperbaiki ke bengkel terlebih dahulu. Setelah itu datang kembali untuk melakukan uji kir, dan inilah bentuk kemudahan yang kita berikan kepada masyarakat Bintan," tuturnya.

Insan juga menyebutkan, bahwa sejumlah alat uji kir sudah berbasis teknologi yang bagus.

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved