140 Perusahaan Nunggak Iuran BPJS Kesehatan di Tanjungpinang

Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang menyampaikan, ada sebanyak 140 perusahaan masih menunggak pembayaran iuran.

TRIBUNBATAM/ENDRA
Kepala kantor cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang Agung Utama 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang menyampaikan, ada sebanyak 140 perusahaan masih menunggak pembayaran iuran.

Kepala Kantor melalui Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Agusrianto BPJS Cabang Tanjungpinang mengatakan, data 2019 lalu, perusahaan menunggak pembayaran iuran sebanyak 361.

"Setelah dilakukan upaya penegakan kepatuhan, 221 perusahaan telah melakukan pembayaran tunggakan iuran. Sekarang sisa 140 perusahaan lagi," katanya, Kamis (06/02/2020).

Dijelaskannya, perusahaan yang menunggak bervariasi.

Ada perusahaan sudah tutup, perusahaan di SKK ke Kejaksaan untuk dilakukan penagihan.

"Pada Selasa (04/02/2020) kita sudah melakukan upaya penegakan kepatuhan terhadap perusahaan tidak patuh (membayar iuran) melalui pembinaan kepatuhan pembayaran Iuran oleh Kejaksaan Negeri Tanjungpinang. Totalnya ada 12 perusahaan diundang, dan 5 perusahaan sudah bayar langsung, 2 perusahaan tidak datang, 5 pembayaran secara cicilan," jelasnya.

Disampaikannya, sesuai Undang-undang nomor 24 tahun 2011 pasal 17, ada sanksi perusahaan bila tidak mendaftarkan pekerjanya.

"Pertama teguran tertulis, tidak mendapat pelayanan publik tertentu, dan dikenakan denda. Untuk mekanisme penerapan sanksi. Mulai teguran tertulis 1, teguran tertulis 2, denda, dan tindak mendapat pelayanan publik. Untuk denda 0,1 persen dari total iuran yang harus dibayarkan," ujarnya.

Disebutkannya, Kantor cabang BPJS Kesehatan cabang Tanjungpinang per Januari 2020 mendata ada 2.468 badan usaha yang sudah mendaftarkan pekerjanya.

"Untuk jumlah pekerja yang terdaftar ada 24.631 orang. Kalau pekerja ditambah keluarga ada sebanyak 57.046 orang," ucapnya.(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved