Healthy Lifestyle

Selalu jadi Kambing Hitam, Benarkah MSG Bikin Bodoh? Simak Penjelasan dari Ahli Gizi berikut

Apakah benar Monosodium Glutamate (MSG) atau yang kita kenal sebagai micin bisa memengaruhi daya pikir manusia? Baca selengkapnya disini.

kompas.com
Ilustrtasi MSG/Micin 

TRIBUNBATAM.id - Masyarakat Indonesia mungkin tak asing dengan kalimat "jangan banyak-banyak makan micin, nanti jadi bodoh", ... Yup, kalimat itu kerapkali berseliweran ditelinga kita.

Namun, apakah benar Monosodium Glutamate (MSG) atau yang kita kenal sebagai micin bisa memengaruhi daya pikir manusia?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Prof. DR. Dr. Nurpudji A Taslim, MPH SpGK (K) memberikan penjelasannya.

Menurutnya, selama ini MSG selalu menjadi kambing hitam untuk semua hal negatif yang terjadi. Seperti sakit, kanker, bahkan kebodohan.

Tak Banyak yang Tahu Manfaat dari Ginkgo Biloba, Bisa Cegah Depresi Hingga Redakan PMS

"Itu sebabnya mulai dari situ lanjut-lanjut gitu terus sampai sekarang. Jadi saya lihat sih memang kadang-kadang enggak fair ya," ujar Nurpudji dalam jumpa pers ‘Penggunaan Bumbu Penyedap Rasa Tidak Membahayakan Kesehatan Jika Digunakan dengan Bijak’ Persembahan Sasa di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, belum lama ini.  

Tuduhan-tuduhan itu baginya tidaklah beralasan. Pasalnya sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menunjukkan, bahwa MSG tidak berbahaya bagi tubuh, asalkan digunakan dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan.

"Kalau memang bikin bodoh lihat orang Jepang, mereka enggak bodoh-bodoh ya kenyataannya. Padahal mereka makan lebih banyak (MSG) dari kita, bahkan konsumsinya tiga kali lipat dari kita," kata Nurpudji.

Nurpudji menambahkan bahwa selama ini stigma yang berlaku di masyarakat membuat MSG menjadi bahan makanan yang paling bersalah bila seseorang melakukan suatu kesalahan, karena kurangnya konsentrasi.

Kenapa Mi Instan Bisa Bikin Candu? Simak Cara atasi Kecanduan Mi Instan Berikut Ini

"Jadi secara sains-nya enggak ada. Kayaknya hanya stigma," ujarnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Albert Dinata, GM Marketing PT Sasa Inti, menambahkan, pihaknya sengaja membuat diskusi ini, agar persepsi yang kurang tepat yang selama ini berkembang dalam masyarakat dapat diluruskan kembali. 

Albert ingin agar masyarakat merasa aman untuk menggunakan MSG dalam masakan.

“MSG itu terbuat dari bahan alami dan diolah melalui proses fermentasi, sehingga selain dapat memperkaya rasa berbagai masakan, MSG juga aman dikonsumsi selama tentunya digunakan dengan bijak,” ujar Albert. (*) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MSG Bikin Bodoh, Benarkah?" 

Masuk Jeratan Malam, Buaya Berkalung Ban Lolos Gara-gara Sorot Cahaya, Pawang Australia Lemas

Fakta Babak Baru Kasus Video Syur Gisella, Eks Gading Marten Bocorkan Pelaku Penyebar Video

Didampingi Tim Kementerian Kesehatan, 2 WNI Asal Kepri Dipulangkan dari Natuna

VIDEO - Jika Tak Dicairkan hingga 1 Maret 2020, Saldo Kartu Brizzi Lama Bakal Hangus

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved