PILWAKO BATAM

Balon Wali Kota Batam Rian Ernest Makin PD Jalur Independen, Ini Sikap Calon Lainnya

Bakal calon Wali Kota Batam jalur independen Rian Ernest, masih punya kesempatan untuk melaju ke tahapan berikutnya

Balon Wali Kota Batam Rian Ernest Makin PD Jalur Independen, Ini Sikap Calon Lainnya
tribunbatam.id/bereslumban tobing
maskot pilkada, SIGOSI (Si Gonggong Demokrasi) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bakal calon (balon) Wali Kota Batam jalur independen Rian Ernest, masih punya kesempatan untuk melaju ke tahapan berikutnya, jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) Batam.

Sebab, progres pengumpulan KTP berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs Batambaru.com, Minggu (16/2/2020) pukul 22.36 WIB mencapai 47.179 KTP. Sementara syarat dari KPU Batam minimal 48.816 KTP. Artinya, Rian Ernest yang berpasangan dengan Yusiani Gurusinga masih kekurangan 1.637 KTP lagi.

Mampu kah pasangan Rian Ernest-Yusiani Gurusinga, mengumpulkan dukungan sampai 23 Februari 2020, batas yang ditentukan KPU Batam? Rian sendiri dengan kerja keras, optimistis meraih dukungan itu.

"Namanya perjuangan. Dengan penuh rasa syukur, saya menginfokan kepada teman-teman bahwa angka yang masuk mencapi 40 ribu lebih," kata Rian sebelumnya kepada wartawan.





Waktu yang tersisa, tentu pasangan muda ini terus berjibaku menarik simpatik masyarakat Batam. Selain menyediakan situs online Batambaru.com, Rian menjemput bola dengan menjumpai warga untuk mendengar aspirasi masyarakat Batam.

Dalam Pilkada Batam 23 September 2020 mendatang, Rian Ernest-Yusiani Gurusinga optimistis mampu manarik dukungan masyarakat Kota Batam sekitar 1.766 TPS yang ada.

Ikut Pilkada Jalur Independen? Siap-Siap, Batas Akhir Pengumpulan Dukungan 20 dan 23 Februari Ini

Q&A Lukita Dinarsyah Tuwo PART 1: Masalah yang ada di Batam Jangan Dihindari, Tapi Harus Dihadapi

Seperti diketahui, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, diatur ketentuan syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu terakhir.

Apabila jumlah penduduk yang termuat dalam DPT sampai dengan 250 ribu jiwa, maka dukungan setidaknya 10 persen dari DPT. Bagi kabupaten/kota yang DPT-nya 250-500 ribu jiwa, calon perseorangan harus didukung minimal 8,5 persen.

Sedangkan untuk daerah yang memiliki DPT 500 ribu sampai 1 juta jiwa, syarat dukungan sedikitnya 7,5 persen. Sementara untuk DPT lebih dari 1 juta jiwa, harus didukung minimal 6,5 persen berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut.

Bagaimana dengan calon lain? Seperti diketahui, petahana HM Rudi-Amsakar Achmad saat ini juga tak mau kalah. Beberapa program kerja ditawarkan kepada masyarakat Batam.

Salah satunya adalah, ingin menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan yang sedang berjalan.

"Saya ingin, tahun 2025 jalan di Batam sudah lima jalur khususnya pada jalan protokol. Tentu ini atas kerja keras kita bersama dan dukungan masyarakat," ujar Rudi pada beberapa kesempatan saat menghadiri pertemuan dengan warganya.

Halaman
1234
Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved