VIDEO - Selain Uji KIR, 3 Hal Ini Harus Dipatuhi Angkutan Umum di Batam

Dia juga mengatakan, pertemuan dengan seluruh supir dilakukan untuk memberikan pengarahan agar ke depan tidak terulang lagi kejadian yang sama.

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam memberikan waktu tiga hari pada pengelola angkutan umum di Batam untuk melakukan Uji KIR kendaraan terhitung mulai, Jumat (21/2/2020).

Seluruh angkutan umum yang belum melaksanakan uji KIR kendaraan diberikan kesempatan selama tiga hari.

Selanjutnya angkutan yang tidak lulus uji kir akan dikembalikan dan diberikan waktu 14 hari untuk melakukan perbaikan.

"Jadi sesuai hasil rapat di DPRD Batam, Polda Kepri, dan Dishub Kota Batam, akan dilakukan penertiban terhadap keberadaan angkutan umum yang tidak taat administrasi," kata Syafrul, kepala Bidang angkutan pada Dishub Kota Batam, Jumat (21/2/2020).

Syafrul mengatakan, setelah lewat waktu yang ditentukan dan masih didapati ada angkutan umum yang tidak memenuhi aturan yang ada, maka Dishub Batam akan menindak tegas dengan memasukkan angkutan umum tersebut ke dalam kandang.

"Jadi kalau saat razia kita temukan ada angkutan tidak melakukan uji KIR maka mobilnya akan kita kandangkan," kata Syafrul.

Dia juga mengatakan, pertemuan dengan seluruh supir dilakukan untuk memberikan pengarahan agar ke depan tidak terulang lagi kejadian yang sama.

Syafrul mengatakan, ada tiga hal yang perlu dipatuhi oleh angkutan umum yang ada di Batam, yakni angkutan umum harus melakukan uji KIR setiap enam bulan sekali untuk memastikan kelayakan kendaraan.

Selanjutnya angkutan umum di Batam hanya bisa memiliki dua supir dan terdaftar di dalam direksi.

Yang ketiga pengemudi harus mematuhi aturan lalu lintas. 

(Tribunbatam.id/Ian Sitanggang)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved