Breaking News:

KOMISARIS PT PMB DITAHAN

Selain Menahan Komisaris PT PMB, Tim Gabungan KLHK Periksa 3 Operator dan Sita Sejumlah Alat Berat

PPNS KLHK juga memeriksa 3 operator di Kantor SKW II Batam. Tim gabungan juga menyita sejumlah alat berat milik perusahaan di lahan hutan lindung.

TribunBatam.id/Dokumentasi KLHK
Tim gabungan KLHK dan sejumlah instansi melihat aktivitas PT PMB di atas hutan lindung di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa. Komisaris PT PMB dibawa ke Jakarta untuk diperiksa. 

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Tim Gabungan Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menghentikan kegiatan pembukaan Kawasan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepri tanpa izin seluas 28 Hektare oleh PT Prima Makmur Batam (PMB), Jumat (21/2/2020).

Bersama Balai Besar KSDA KLHK Riau, KPHL Unit II Batam, Daops Manggala Agni Batam, Direktorat Pengamanan BP Batam, Polsek Nongsa dan Koramil Nongsa, tim menangkap Komisaris PT PMB, Z alias A (39).

Z telah dibawa ke Jakarta untuk diperiksa. PPNS KLHK juga memeriksa tiga operator di Kantor SKW II Batam.

Dari keterangan Z, lahan hutan itu dipotong dengan excavator. Tanah kemudian diratakan dengan bulldozer sebelum ditimbun.

Setelah itu, lahan berupa kaveling dijual secara kredit. Saat ini sudah terjual ribuan kaveling.

Penindakan kegiatan tanpa izin PT PMB dilakukan saat sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPR RI bersama Anggota dan Dirjen Penegakan Hukum KLHK di Batam.

Sidak dilakukan dalam rangka memantau progress penegakan hukum yang dilakukan oleh KLHK terkait dengan kegiatan tanpa izin yaitu perambahan dan perusakan kawasan hutan dan mangrove di Batam.

Dirjen Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani di lokasi mengatakan, selain PT PMB, tim Gakkum KLHK sedang menyidik dua perusahaan lain dengan modus yang sama, yaitu membuka kawasan hutan lindung tanpa izin untuk permukiman.

Rasio Sani menambahkan, dalam sidak ini pihaknya menemukan PT PMB masih melakukan kegiatan pembukaan kawasan hutan.

"Di lokasi ini, kami berhasil menangkap langsung Komisaris PT PMB yaitu Z alias A (39)," ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada TribunBatam.id, Minggu (23/2/2020).

Halaman
12
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved