BINTAN TERKINI

Beri Waktu Hingga Maret, Bupati Bakal Sanksi Pejabat Bintan yang Belum Laporkan LHKPN ke KPK

Bupati Bintan Apri Sujadi memberi waktu kepada pejabat Pemkab Bintan hingga awal Maret 2020 untuk membuat LHKPN ke KPK.

Beri Waktu Hingga Maret, Bupati Bakal Sanksi Pejabat Bintan yang Belum Laporkan LHKPN ke KPK
TribunBatam.id/Dokumentasi Pemkab Bintan
Bupati Bintan, Apri Sujadi menggelar rapat di Kantor Bupati Bintan, Provinsi Kepri. Apri memberi waktu kepada pejabat Pemkab Bintan hingga awal Maret 2020 untuk melaporkan LHKPN ke KPK. 

BINTAN,TRIBUNBINTAN.com - Bupati Bintan Apri Sujadi memberi waktu kepada pejabat Pemkab Bintan hingga awal Maret 2020.

Batas waktu ini diambil karena masih ada pejabat di Pemerintah Kabupaten Bintan belum menyelesaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemberian sanksi, menurutnya bakal ditempuh apabila dari batas waktu yang ditentukan, masih ditemukan pejabat yang belum melaporkan LHKPN ke KPK.

"Jika tidak dipatuhi, akan ada sanksi bagi pejabat yang tidak mematuhinya," kata Apri saat memimpin Rapat Koordinasi OPD Kabupaten Bintan di Kantor Bapelitbang Bintan, Senin (24/2/2020).

Pihaknya sudah meminta kepada masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendata nama-nama pejabat yang belum melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

Ia berharap, pejabat Pemerintah Kabupaten Bintan dapat mematuhi dengan melaporkan harta kekayaannya ke KPK.

"Mulai dari pejabat eselon 3 dan 4. Ini hanya butuh suatu kesadaran dan bentuk tanggung jawab. Bila batas waktu awal bulan Maret ini belum juga melaporkan, maka siap-siap akan kita beri sanksi," ucapnya.

Rilis KPK

Tingkat kepatuhan pelaporan LHPKN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) secara keseluruhan masih rendah, hanya 52,77% dari sekitar 336 ribu wajib lapor.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, per 27 Maret 2019, ternyata ada sejumlah instansi dengan kepatuhan yang sangat tinggi. Dalam daftar 27 instansi secara nasional itu, termasuk Pemko Batam.

Halaman
123
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved