Raja Malaysia Tunda Pengunduran Diri Mahatir, Ini 3 Sosok Pengganti

Yang di-Pertuan Agong Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Ahmad Shah (63), Senin (24/2/2020) malam, menunjuk kembali Mahatir Mo

Raja Malaysia Tunda Pengunduran Diri Mahatir, Ini 3 Sosok Pengganti
TRIBUNNEWS
Hasil Pilpres 2019 - PM Malaysia Mahathir Mohamad Ucapkan Selamat ke Jokowi-Maruf 

Raja Malaysia Tunjuk Mahatir Pjs Perdana Menteri, Siapa Sosok Pengganti Mahatir?

BATAM, TRIBUN-BATAM.id - Yang di-Pertuan Agong Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Ahmad Shah (63), Senin (24/2/2020) malam, menunjuk kembali Mahatir Mohamad (94), sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Perdana Menteri Malaysia, hingga waktu yang belum ditentukan.

Penunjukan kembali Mahatir ini, dibacakan lansgung Kepala Sekretaris Pemerintah Datuk Seri Mohd Zuki Ali.

“Sebagai Perdana Menteri sementara, Mahathir akan mengelola pemerintahan negara sampai Perdana Menteri baru diangkat dan kabinet dibentuk," katanya dalam sebuah pernyataan singkat seperti dilansir Malay Mail, Senin malam.

Anwar Ibrahim Sebut Ada Penghiantan Terkait Manuver Politik Mahathir Muhamad

Penunjukan kembali Mahatir ini, sebagai isyarat kurang berkenannya raja menerima inisiatif Mahatir.

Langkah raja ini, dinilai taktis dan strategis guna menghindarkan Malaysia memasuki darurat dan ketidak pastian politik dan pemerintahan.

pengunduran diri Mahatir Bin Mohamad (94) sebagai Perdana Menteri ke-7 Malaysia.

Surat pengunduran diri itu bocor ke publik, hanya sesaat setelah dikirim ke Yang di-Pertuan Agong Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (60), pukul 13.00 WIB.

Puluhan Polisi Jaga Kantor KPU Kota Batam, Pastikan Situasi Tetap Kondusif

Pengunduran diri Mahathir yang mengejutkan menyusul kesibukan akhir pekan di seputar upaya yang disebut upaya "kudeta diri" oleh para pendukung Mahathir, yang bersikukuh bahwa pemimpin negarawan itu menyelesaikan masa lima tahun alih-alih menyerahkan kekuasaan kepada Anwar segera, sebagaimana disepakati sebelum pemilihan. 

Mahathir awalnya mengatakan dia akan tinggal selama dua tahun. Namun, ia sejak itu menawarkan beberapa petunjuk kapan ia berniat untuk menyerahkan kekuasaan selain dari mengisyaratkan bahwa ia berencana untuk mundur setelah pertemuan para pemimpin utama dari Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang menjadi tuan rumah Malaysia pada bulan November.

Halaman
1234
Penulis: thamzil thahir
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved