BINTAN TERKINI

Ingatkan Pengendara Gunakan Helm SNI, Jajaran Satlantas Polres Bintan Gelar Giat Kampanye

Satlantas Polres Bintan mengadakan giat kampanye untuk mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pelajar sejak dini dan pengendara motor

Ingatkan Pengendara Gunakan Helm SNI, Jajaran Satlantas Polres Bintan Gelar Giat Kampanye
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Suasana saat Polisi Lalulintas menggelar kampanye di Jalan Jendral Sudirman depan SDN 001/002, Kelurahan Tanjunguban, Bintan, Selasa (25/2/2020) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Jajaran Satlantas Polres Bintan tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi aturan dan mengenakan perlengkapan keselamatan saat berkendara di jalanan.

Untuk lebih mengingatkan masyarakat terhadap aturan keselamatan berlalu lintas, jajaran Satlantas Polres Bintan mengadakan giat kampanye untuk mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pelajar sejak dini dan pengendara sepeda motor di wilayah Kabupaten Bintan.

Giat kampanye ini digelar di beberapa titik, Selasa (25/2/2020). Yakni di Jalan Jendral Sudirman depan SDN 001/002, Kelurahan Tanjunguban, di jalan Permaisuri depan SDN 003/004 Tanjung Uban Selatan dan beberapa titik lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Bintan.

Saat kampanye itu, pihak kepolisian juga tampak membawa papan yang bertuliskan ajakan untuk menggunakan helm ber-SNI.







Sejumlah masyarakat yang diingatkan dalam kampanye itupun, tampak mendengarkan masukan dari pihak kepolisian lalulintas.

Khususnya pengendara yang tidak menggunakan helm sama sekali, diberikan teguran oleh pihak kepolisian saat kegiatan kampanye.

Kasatlantas Polres Bintan, AKP Rendi menuturkan, kegiatan kampanye menggunakan helm SNI ini, untuk mengingatkan masyarakat agar lebih menyayangi dirinya saat berkendara menggunakan sepeda motor.

Satlantas Polresta Barelang dan Mobil Derek Tiba di Seraya Batam, Insiden Ertiga Tabrak Pohon

Pasalnya, jika berkendara menggunakan helm SNI saat terjadi kecelakaan setidaknya bisa menjadi pelindung yang kuat di bagian kepala.

"Jika tidak standar, kita ketahui sendiri bagaimana kekuatannya untuk melindungi kepala pengendara dari benturan saat terjadi kecelakaan," terangnya.

Rendi memberitahu, helm bukanlah sekedar perlengkapan orang ketika berkendara, namun helm lebih kepada pakaian bagi pengendara baik sepeda motor maupun sepeda angin.

Inilah pemikiran yang harus menjadi dasar agar seseorang tersebut tidak melupakan helm saat berkendara.

"Sering kita jumpai fatalitas korban laka yang cukup tinggi alias parah luka yang ditimbulkan karena tidak mengenakan helm ber-SNI. Maka helm sekarang adalah penyelamat kita saat berkendara,"terangnya.

Rendi menambahkan, istilah mengenakan juga harus digunakan dalam menggambarkan helm tersebut. Ibarat pakaian maka akan sangat memalukan jika tidak dikenakan karena itulah etika dan norma orang berkendara di jalan.

"Jadi kepada masyarakat, saya mengimbau untuk lebih berhati-hati disaat berkendara, patuhi aturan yang ada dan kenakan helm SNI, seperti engkau menggunakan pakaian disaat kemana-mana begitu juga saat berkendara," tutupnya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved