BATAM TERKINI

Tingkatkan Layanan, Imigrasi Batam Resmikan Media Center, Ini Fungsinya

Kepala Kantor Imigrasi Batam Romi Yudianto menunaikan janjinya membuat media center yang selama ini tak ada.

Tingkatkan Layanan, Imigrasi Batam Resmikan Media Center, Ini Fungsinya
TRIBUNBATAM.ID/LEO HALAWA
Imigrasi Batam kini punya Media Center, Selasa (25/2/2020) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sekitar dua bulan menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Romi Yudianto menunaikan janjinya membuat media center yang selama ini tak ada. Ruang media center yang terletak persis di sebelah kiri pojok, kantor itu, tidak hanya berfungsi sebagai tempat insan pers bertanya.

"Tetapi masyarakat umum juga bisa nanya-nanya ke sini. Terkait soal pelayanan publik paspor. Apa dan bagaimana itu pengurusan paspor. Karena kami stand by kan di sini seorang staf. Khusus yang melayani pengaduan publik," katanya, Selasa (25/2/2020) saat meresmikan ruang media center.

Romi mengatakan, ruang keterbukaan informasi publik di seluruh instansi dijamin Undang-undang. Yakni dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Yang menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F, bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.





"Jadi silakan. Kami juga punya jurnal hukum. Baik tabloid maupun online. Semua kami kupas terkait kinerja kami. Semua data kami transparan. Jadi sekarang tidak jaman ditutup-tutupi lagi. Di sini cukup nyaman. Ada juga Wi-Fi gratis," katanya.

Sementara itu, Badan Diklat Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kepulauan Riau Helmi mengapresiasi langkah Romi. Ia mengatakan, ke depan, wilayah kerja Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Kepulauan Riau akan menggelar Diklat untuk wartawan.

Permudah Jemaah Calon Haji Urus Paspor, Petugas Imigrasi Jemput Bola, Jalin Kerjasama dengan Kemenag

11 WNA Dideportasi Imigrasi Tanjungpinang Dalam 2 Bulan, Ada dari Malaysia dan Vietnam, Ini Sebabnya

"Guna mengetahui apa saja informasi yang dibutuhkan publik. Jadi jika sudah ada kesamaan persepsi maka pelayanan publik akan terselenggara dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Kabid Paspor dan Izin Tinggal Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Guntur Sahat Hamonangan belum lama ini telah sukses membuat inovasi. Seperti pelayanan paspor mobil ke instansi swasta, perusahaan, lingkungan pendidikan, dan pelayanan paspor 24 jam khusus orang sakit.

"Untuk orang sakit, kami siap ke rumah orang itu atau di rumah sakit. Dengan syarat, ada surat rujukan dari rumah sakit," katanya.

Ditambahkan, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Batam Qriz Pratama berencana mengembangkan inovasi lain berbasis digital. Sehingga, Informasi yang dibutuhkan cepat da tidak bertele-tele. "Inovasi dan pengembangan fungsi teknologi canggih harus diberdayakan," ucapnya.

(TribunBatam.id/leo halawa)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved