Selain Salat Jumat, MUI Kepri Minta Salat Wajib Tak Digelar Berjemaah di Masjid Sementara Waktu

MUI Kepri meminta pelaksanaan salat Jumat dan salat wajib lainnya sementara waktu tidak digelar berjemaah di masjid atau musala, cegah Covid-19

TRIBUNBATAM.ID/ICHWAN NUR FADILLAH
MUI Kepri menggelar konferensi pers menyikapi wabah Corona, Rabu (25/3/2020), dan diputuskan sementara waktu salat Jumat dan salat wajib tidak digelar berjemaah di masjid atau musala. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri akhirnya menggelar rapat gabungan komisi fatwa, demi menyikapi status waspada wabah Corona, Rabu (25/3/2020).

Dihadiri oleh beberapa pengurus Dewan Pimpinan MUI Kepri, rapat ini pun menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan salat berjemaah.

"Merujuk Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Covid-19, maka kami meminta untuk sementara waktu tidak melakukan salat Jumat serta salat lima waktu di masjid dan musala," ungkap Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Kepri, Bambang Maryono saat memimpin konferensi pers.

Menurutnya, situasi ini berlaku hingga pemerintah daerah menyatakan kondisi di Kepri telah stabil dari penyebaran wabah Corona.

Dalam rapat ini, para pengurus menerbitkan sebanyak tujuh poin tausiyah untuk umat muslim di Kepri.



Salah satunya dengan meminta pelaksanaan azan tetap dikumandangkan bersamaan dengan murotal dan tarhim di setiap masjid dan musala.

"Ini bentuk agar syiar Islam tetap dilaksanakan. Sementara ini berlaku di Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun mengingat kondisi penyebaran virus Corona di daerah ini tinggi," sambungnya.

Sementara itu untuk para muazin, ada tata cara tambahan dalam pengumandangan azan.

Kata Bambang, cara pertama dengan mengucapkan kalimat Shollu Fii Rihalikum setelah azan selesai dikumandangkan.

Cara kedua, kata Hayya Ala Sholah diganti Shollu Fii Buyutikum.

"Untuk salat lima waktu mulai hari ini telah ditiadakan berjemaah di masjid dan musala. Semoga wabah ini cepat berlalu, dan kita semua dapat menjaga kesehatan," pungkasnya sambil mengingatkan umat muslim di Kepri agar tetap mengucapkan istigfar agar wabah Corona berlalu.

(tribunbatam.id/ichwannurfadillah)

Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved